Wujudkan Transportasi yang Nyaman, PT KAI Lakukan Sosialisasi Anti Pelecehan Seksual

Wujudkan Transportasi yang Nyaman, PT KAI Lakukan Sosialisasi Anti Pelecehan Seksual

Ilustrasi - mudik di Stasiun Kereta Api.-dok-net

MALANG, FIN.CO.ID -- Maraknya pelecehan seksual yang terjadi di kereta api membuat PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya melakukan sosialisasi anti pelecehan seksual.

Bersama komunitas pecinta kereta api Railfans Malang, mereka melakukan sosialisasi anti pelecehan seksual di Stasiun Malang, Kota Malang, Jawa Timur.

(BACA JUGA:Kondektur Kereta Api Lindungi Penumpang dari Pelecehan Seksual Diapresiasi Erick Thohir )

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, langkah sosialisasi itu diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk pemenuhan rasa aman.

"Mari kita tingkatkan rasa saling menghormati dan menghargai, untuk mewujudkan transportasi kereta api yang nyaman dan nyaman bagi pelanggan," kata Luqman.

Upaya sosialisasi tersebut dilakukan, jelas Luqman, dengan melakukan imbauan seputar informasi terkait pelecehan seksual melalui pengeras suara, spanduk, poster, pamflet, hingga stiker kepada pelanggan yang berada di stasiun dan di dalam kereta api.

Menurutnya, seluruh masyarakat maupun pelanggan kereta api diminta untuk tidak ragu melapor kepada petugas, jika ada indikasi pelecehan seksual baik di stasiun maupun di dalam kereta api.

(BACA JUGA:Menteri Teten Minta Stasiun Kereta Api Sediakan Tempat untuk UMKM)

"Selain itu, pelanggan bisa menghubungi call center di (021)-121 atau nomor telepon petugas yang tertera di ujung kereta," ujarnya.

PT KAI terus melakukan langkah sosialisasi untuk anti tindakan kekerasan dan pelecehan seksual di sejumlah stasiun di berbagai kota seperti Kota Malang dan Kota Surabaya.

Dengan adanya upaya sosialisasi tersebut, lanjut Luqman, diharapkan masyarakat bisa mendapatkan edukasi.

"Melalui kegiatan sosialisasi anti pelecehan seksual, kami mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang menyenangkan bagi pelanggan saat bepergian jarak pendek ataupun jarak jauh," katanya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: