Jelang Iduladha Hewan Kurban di Kota Bekasi Mulai Diperiksa

Jelang Iduladha Hewan Kurban di Kota Bekasi Mulai Diperiksa

Petugas Kesehatan Hewan Sedang Menyemprot Disinfektan di Peternakan Sapi di Panongan, Tangerang (dok)--

BEKASI, FIN.CO.ID - Pelaksana Tugas (PLT) Wali Kota Bekasi menginstruksikan kepada para petugas untuk memulai pemeriksaan hewan kurban menjelang Hari Raya Iduladha di wilayahnya.

Penugasan tersebut dilakukan secara bersamaan dengan pelepasan Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi.

(BACA JUGA:Warga Bekasi Tak Perlu Khawatir, Ternyata Begini Ciri Hewan Kurban Bebas PMK untuk Iduladha)

Dalam penugasan tersebut, Tri Adhianto bersama Asisten Daerah dan Staf Ahli Wali Kota memberikan alat-alat kesehatan untuk pelaksanaan pemeriksaan hewan kurban di Kota Bekasi.

Menurut Tri Adhianto, penugasan ini merupakan langkah Pemkot Bekasi guna mencegah meluasnya wabah PMK pada hewan kurban di lapangan.

"Ini adalah langkah pencegahan PMK pada hewan kurban yang akan di potong saat Iduladha nanti. Pastikan pengecekan melalui petugas yang akan disebar bahwa hewan tersebut sudah lolos dari penyakit, sehingga lancar saat pelaksanaan Hari Raya Iduladha nanti," ucap Tri Adhianto dalam keterangan resminya, Senin 4 Juli 2022.

Pihaknya memastikan para petugas akan melakukan pemeriksaan hewan dengan ketat, hal itu dilakukan agar pemotongan hewan dipastikan sudah steril dari sumber penyakit yang didera oleh hewan yang akan dipotong.

(BACA JUGA:Merebaknya Wabah PMK Menjelang Hari Raya Idul Adha Membuat Harga Jual Hewan Kurban Melonjak Tinggi)

"Sudah sinergi dengan Persatuan Dokter Hewan Indonesia, ditambah dengan adanya Kodim dan Polres. Semoga pada Hari Raya Iduladha hewan sudah aman diperiksa semua," ungkapnya.

Tri Adhianto menegaskan bahwa hewan yang sudah dilakukan pemeriksaan oleh Dinas Kesehatan dan DKPP Kota Bekasi sudah dipastikan terverifikasi keamanannya.  (Tuahta Simanjuntak)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: