Masukan Dari DPR: Pemerintah Boleh Bantu UMKM, Tapi Jangan Bikin Masyarakat Gak Punya Harga Diri!

Masukan Dari DPR: Pemerintah Boleh Bantu UMKM, Tapi Jangan Bikin Masyarakat Gak Punya Harga Diri!

Anggota DPR RI Komisi XI dari Fraksi PKS Anis Byarwati (Jilbab merah), saat menghadiri INSAV Festival 2022 di Jakarta, Minggu 3 Juli 2022.-Sigit Nugroho-

 

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anggota Komisi XI DPR RI, Anis Byarwati mengapresiasi langkah pemerintah dalam upaya membangkitkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bangkit dari keterpurukan pasca pandemi COVID-19 melalui berbagai bantuan langsung tunai (BLT). 

Namun demikian, tugas utama pemerintah adalah bagaimana bisa membuat pelaku UMKM bisa naik kelas dengam berbagai bantuan yang dikucurkan tersebut. 

(BACA JUGA:Sulitnya Memberantas Investasi 'Bodong', Ditutup Satu Muncul Seribu)

Anis yang merupakan Politisi PKS itu mengatakan, meski BLT itu penting untuk mendorong kebangkitan UMKM, namun pendampingan juga perlu dilakukan agar usaha mereka bisa meningkat. 

Seperti upaya yang dilakukan di daerah pemilihannya, Anis diketahui memang sangat concern dengan upaya-upaya dalam mendorong kebangkitan sektor usaha kecil yang ternyata menjadi penyokong ekonomi nasional. 

"Tugas saya sebagai anggota dewan memberikan saran dan memastikan bantuan-bantuan dari pemerintah maupun lembaga itu sampai kepada masyarakat. Jadi saya membantu masyarakat untuk mendapatkan haknya, tidak boleh bantuan itu menumpuk, harus disalurkan, jadi saya melakukan advokasi untuk dapil saya di Jakarta Timur agar UMKM kita bisa bangkit, karena cara yang paling elegan untuk membantu masyarakat adalah bikin masyarakat punya harga diri," ujar Anis, menjawab pertanyaan Fin.co.id, disela kegiatan INSAV Festival di Jakarta, Minggu 3 Juli 2022. 

Menurut Anis, cara paling elegan untuk mengentaskan kemiskinan yaitu membuat orang bisa memperoleh penghasilan sendiri dari usaha yang dijalaninya. 

(BACA JUGA:Korban Investasi Bodong Berjatuhan, Komisi XI DPR ke Pemerintah: Jangan Bikin Masyarakat Tertipu Begitu Lama!)

"Bantu mereka berusaha, BLT tuh bagus, tetapi kita harus membuat masyarakat kita punya harga diri. Ketika mereka dibantu usahanya dengan peralatan,mereka bisa memiliki martabat, punya penghasilan dan mereka bisa menyerap tenaga kerja lain, jadi tugas saya adalah mengadvokasi bantuan-bantuan sampai kepada warga dan ini bantunanya langsung dari Bank Indonesia (BI)ke warga. dan saya cukup bahagia ketika mereka mendapatkan hak yang harusnya mereka dapatkan," tuturnya. 

Anis menambahkan, dalam hal menumbuhkan perekonomian berbasis masyarakat, target pemerintah maupun DPR adalah sama, yaitu bagaimana caranya agar UMKM bisa naik kelas. Maka itu, dengan adanya bantuan-bantuan dari lembaga maupun pemerintah, ia sebagai anggota DPR memiliki kepentingan pula untuk terus melakukan pendampingan dan advokasi, agar tujuan utama memdorong UMKM naik kelas bisa tercapai. 

"Kalau saya berkomitmen bukan saja setelah alokasi bantuan itu turun, pendampingan, pelatihan, sampai mereka bisa naik kelas jtu menjadi konsern saya," tegas Anis.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: