Banten Tutup Jalur Pengiriman Hewan Kurban Mulai Hari Ini, Kadis Pertanian: Tak Ada Waktu Karantina

Banten Tutup Jalur Pengiriman Hewan Kurban Mulai Hari Ini, Kadis Pertanian: Tak Ada Waktu Karantina

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, Agus M Tauhid -Rikhi Ferdian-fin.co.id

TANGERANG, FIN.CO.ID - Banten secara resmi menutup seluruh jalur pengiriman hewan kurban.

 

Jalur pengiriman hewan kuran ke wilayah Banten resmi ditutup mulai, Senin 27 Juni 2022.

 

Penutupan jalur pengiriman hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha ini dilakukan guna mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) yang kini tengah mewabah di Indonesia.

 

(BACA JUGA:Gegara PMK, Penjual Hewan Kurban di Tangerang Alami Penurunan Omset Lebih dari 50 Persen)

 

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, Agus M Tauhid mengatakan, sesuai surat edaran (SE) Gubernur Banten dan Dirjen Peternakan hewan yang akan masuk ke satu wilayah harus melewati masa karantina selama 14 hari.

 

Sehingga, jika Idul Adha jatuh pada 9 Juli 2022 maka per tanggal 27 Juni jalur pengiriman hewan kurban ke wilayah Banten ditutup. Karena sudah tidak ada waktu untuk masa karantina.

 

"Mulai hari ini sudah ditutup kalau masih ada yang masuk berarti tidak sesuai prosedur, karena per tanggal 24 Juni 2022 kami sudah tidak memberikan rekomendasi," kata Agus kepada FIN.CO.ID di Tangerang, Senin 27 Juni 2022.

 

(BACA JUGA:Penggantian Sapi Kena PMK Rp10 Juta Tak Jadi Prioritas)

 

Dia menyebutkan, 90 persen sapi yang tertular PMK di Banten disebabkan karena lalu lintas hewan ternak dari luar daerah seperti dari Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

 

Ketika dikirim ke Banten memerlukan perjalanan waktu yang cukup lama, sehingga harus disesuaikan dengan waktu pelaksanaan Idul Adha dan masa karantina.

 

"Kalau masuknya hari ini atau besok kapan karantinanya, kalau masih ada yang masuk akan kita kembalikan ke daerah asalnya," ucapnya.

 

Dikatakan Agus, pihaknya juga bakal mengetatkan pengawasan di beberapa jalur perbatasan yang menjadi titik cek poin di wilayah Banten.

 

Diantaranya, titik cek poin gabungan dengan Pemprov Jabar di daerah Gunung Sindur dan titik-titik lainnya seperti daerah Cilograng, Lebak, yang berbatasan langsung dengan Sukabumi.

 

"Kita juga ada satgas PMK yang kita siagakan di jalur-jalur perbatasan yang menjadi titik cek poin," tandasnya. Rikhi Ferdian

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: