Anda Diabetes namun Ogah Minum Obat atau Suntik Insulin? Ini Risiko Komplikasinya di Kemudian Hari

Anda Diabetes namun Ogah Minum Obat atau Suntik Insulin? Ini Risiko Komplikasinya di Kemudian Hari

Insulin, Image oleh Peter Stanic dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Bahkan di tahun 2022 ini, masih ada saja orang yang belum mengerti bagaiamana diabetes itu berkerja.

Mengapa demikian, karena masih saja ada orang yang bertanya apakah gula darah mereka, akan bisa kembali normal seperti sedia kala?

Padahal jika dilihat dari kacamata medis, mereka yang memiliki gula darah sewaktu di atas 200 mg/dL, adalah mereka yang pasti menderita diabetes atau penyakit gula.

(BACA JUGA:Begadang Bikin Orang Kena Diabetes dan Penyakit Jantung, Ini Alasannya Menurut Dokter)

Dan yang perlu disadari di sini adalah, bahwa diabetes adalah kondisi yang masuk dalam kategori penyakit kronis, dan bahwa kondisi ini akan terus berlangsung hingga akhir khayat.

“Penyakit diabetes yang merupakan penyakit kronis akibat gangguan hormon insulin yang terdapat pada organ pankreas,” kata dr. Arrum Putri Amalia seperti dikutip FIN dari Alodokter.

“Dikarenakan penyakit ini merupakan penyakit kronis, maka pengobatannya juga perlu dilakukan jangka panjang dengan juga menerapkan gaya hidup sehat nantinya,” lanjut dia.

dr. Arrum Putri Amalia menambahkan, bahwa dalam mengontrol gula darah, penderita diabetes umumnya menggunakan satu atau mengkombinasikan obat anti diabetes.

“Jika belum berhasil, dapat ditingkatkan menjadi pengobatan suntikan insulin yang perlu dilakukan beberapa kali sehari seumur hidup,” jelas dia.

Intinya, jika ingin memiliki gula darah layaknya orang normal, mereka yang diabetes hanya dapat mencapai itu, tentunya dengan melibatkan konsumsi obat dan penggunaan insulin secara rutin.

Efeknya jika tidak terkontrol, diabetes ini kata dr. Arrum Putri Amalia, dapat berujung pada komplikasi yang tidak diinginkan.

“Seperti penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, kebutaan, luka yang sulit sembuh, dan gangguan saraf,” tutupnya.

Intinya, jika Anda atau ada keluarga Anda yang diabetes namun enggan minum obat, atau tidak menggunakan insulin ketika sudah dianjurkan, maka jangan heran jika masalah komplikasi di kemudian hari akan bermunculan.

Mencegah komplikasi sejak dini, dengan rutin minum obat, dan menyuntikan insulin seperti yang diarahkan dokter, juga dibarengi pola hidup sehat, maka mereka yang diabetes dapat hidup normal layaknya orang sehat.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: