BI Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global, Jadi 3 Persen di 2022

BI Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global, Jadi 3 Persen di 2022

Bank Indonesia/Ilustrasi-Istimewa-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Bank Indonesia (BI) menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global dari yang sebelumnya sebesar 3,4 persen menjadi hanya tiga persen pada tahun 2022, dan kemudian sedikit meningkat menjadi sebesar 3,3 persen pada tahun 2023.

"Perekonomian global terus diwarnai dengan meningkatnya inflasi di tengah pertumbuhan yang diprakirakan lebih rendah dari proyeksi sebelumnya," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam Konferensi Pers Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI bulan Juni 2022 di Jakarta, Kamis, 23 Juni 2022.

(BACA JUGA:Rupiah Ditutup Menguat, Bank Indonesia Pertahankan Suku Bunga Acuan)

Ia menjelaskan berlanjutnya ketegangan geopolitik Rusia dan Ukraina, yang disertai dengan pengenaan sanksi yang lebih luas dan kebijakan nol COVID-19 di Tiongkok menahan perbaikan gangguan rantai pasokan.

Gangguan dari sisi suplai tersebut disertai dengan meluasnya kebijakan proteksionisme terutama pangan oleh berbagai negara, sehingga mendorong tingginya harga komoditas global yang berdampak pada peningkatan tekanan inflasi global.

Berbagai negara, termasuk Amerika Serikat (AS), merespons kenaikan inflasi tersebut dengan menempuh pengetatan kebijakan moneter yang lebih agresif sehingga berpotensi menahan pemulihan perekonomian global dan mendorong peningkatan risiko stagflasi.

(BACA JUGA:Gandeng Bank Indonesia, Bea Cukai Kawal Ekspor UMKM di Empat Daerah Ini)

"Pertumbuhan ekonomi berbagai negara, seperti AS, Eropa, Jepang, Tiongkok, dan India diprakirakan lebih rendah dari proyeksi sebelumnya," ujarnya.

Sementara itu, Perry memperkirakan volume perdagangan dunia akan lebih rendah dari perkiraan sebelumnya.

Perkembangan tersebut berdampak pada ketidakpastian pasar keuangan global yang masih akan tetap tinggi sehingga mendorong terbatasnya aliran modal asing dan menekan nilai tukar di berbagai negara berkembang, termasuk Indonesia.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: