Jurus Jitu Pemkab Bekasi Turunkan Angka Pengangguran

Jurus Jitu Pemkab Bekasi Turunkan Angka Pengangguran

PJ Bupati Bekasi Dani Ramdan-Istimewa-

BEKASI, FIN.CO.ID - Masuk dalam peringkat ke-3 angka pengangguran terbesar di Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi tengah fokus berupaya menurunkan angka pengangguran di wilayahnya.

Sebagai salah satu daerah yang menjadi kawasan industri terbesar di Asia Tenggara, berbagai upaya dilakukan Pemkab Bekasi untuk menekan tingginya angka pengangguran di wilayahnya.

(BACA JUGA:Jadi Home Base 4 Klub Liga Indonesia, Segini Harga Sewa Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi)

PJ Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 6 program yang akan dilaksanakan guna mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Bekasi.

"Rencana tersebut diantaranya pelatihan wirausaha mandiri, pelatihan kompetensi, kajian pasar kerja dan UMKM, MoU penempatan pencari kerja, hubungan industrial Pancasila dan Sekolah Prakerja," ujar Dani dalam keterangannya, Rabu 22 Juni 2022.

Dani menjelaskan, program tersebut dinilai sangatlah efektif dalam mengatasi indeks permasalahan pengangguran di Kabupaten Bekasi.

Pihaknya juga sangat optimis dengan angka yang telah ditargetkan sesuai dengan penyusunan dan jangka waktu yang telah ditentukan untuk mencapai penyerapan tenaga kerja ke dunia industri.

(BACA JUGA:Mahatir Mohamad Klaim Riau Bagian Dari Malaysia, Hikmahanto: Pendapat Pribadi, Gak Perlu Digubris)

“Kalau semua dikerjakan sesuai penyusunan dan timeline yang ada, saya kira akan efektif. Dan saya juga sangat optimis angka-angka yang ditargetkan untuk menyerap tenaga kerja ke industri di Kabupaten Bekasi dapat tercapai,” ucapnya.

Dani juga mengungkapkan, nantinya program tersebut akan terfokus pada pelatihan dan pendidikan yang menekankan kepada Hard Skil dan Soft Skill

Program pelatihan ini akan dijalankan melalui dua jalur yang dimana diantaranya melalui jalur magang dan jalur Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT)

“Jalurnya nanti ada dua, diantaranya pelatihan hard skill-nya dilakukan oleh Balai Latihan Kerja (BLK) sebagai ujung tombak, dan soft skill-nya sekolah SMK,” ungkapnya.

(BACA JUGA:Daftar 20 Mobil Terlaris di Indonesia Bulan Mei 2022, Honda Brio Juara)

Dengan dibentuknya Satgas Pengurangan Pengangguran dan program 100 hari kerja yang dicanangkan oleh PJ Bupati Bekasi, diharapkan program tersebut dapat terus berjalan dikarenakan angka kebutuhan tenaga kerja akan selalu baru di setiap tahunnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: