Ribuan Batang Rokok Ilegal Diamankan Bea Cukai dan Satpol PP di Kota Bekasi

Ribuan Batang Rokok Ilegal Diamankan Bea Cukai dan Satpol PP di Kota Bekasi

Ribuan batang rokok ilegal diamankan Bea Cukai dan Satpol PP Kota Bekasi-Tuahta Simanjuntak untuk FIN.CO.ID-

BEKASI, FIN.CO.ID - Bea Cukai Bekasi Raya bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bekasi berhasil mengamankan kegiatan peredaran rokok tanpa cukai serta rokok dengan cukai palsu di wilayah Kota Bekasi. 

Menurut Petugas Bea Cukai Bekasi Raya, Feri, Distribusi rokok ilegal dapat berpotensi merugikan negara tidak masuknya pembayaran cukai ke pendapatan negara.

(BACA JUGA:Program Pemutihan Pajak Kendaraan 2022 Kapan? Ini Jadwal dan Lokasinya)

"Jadi kalau kita membiarkan rokok ilegal ini terus hadir, artinya potensi penerimaan negara akan menurun," ungkap Feri saat ditemui fin.co.id di Kantor Satpol PP Kota Bekasi, Selasa 21 Juni 2022.

Penindakan pengamanan distribusi peredaran rokok ilegal tersebut menurutnya menjadi salah satu langkah dalam mengoptimalkan penerimaan cukai bagi negara.

"Cukainya itu dihitung per batang, setiap batang rokok itu harus dibayarkan cukainya," ucapnya.

Dalam penanganan rokok ilegal ini, Bea Cukai dan Satpol PP Kota Bekasi berhasil mengamankan satu orang pemilik agen rokok ilegal.

(BACA JUGA:Tujuh Tahun BNPP Menorehkan Kinerja di Batas Negara)

Secara terpisah Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Abi Hurairah menjelaskan, dalam melakukan penindakan pihaknya menurunkan 30 orang petugas untuk dibagi ke 2 Kecamatan.

"Kami menurunkan ada sekitar 30 orang untuk 2 Kecamatan dan dari Bea Cukai ada kurang lebih 10 orang tadi saya lihat," ungkap Abi Hurairah kepada fin.co.id

Petugas Satpol PP dibagi dalam dua tim yang disebar ke wilayah Bekasi Barat dan Bekasi selatan, dari hasil penyelidikan didapati diduga sekitar ribuan batang berhasil diamankan.

"Kami pada hari ini mendapat yang luar biasa, kemungkinan lebih dari 50 atau 60 ribu batang namun pastinya belum tahu karena masih harus di data," Jelasnya.

(BACA JUGA:Rumah Ustaz Yusuf Mansur Didatangi Sekelompok Orang, Polisi: Situasi Kondusif)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: