Anda Gak Napsu Makan, Kalau Makan Malah Muntah? Ini Daftar Penyebabnya Menurut dr. Nadia

Anda Gak Napsu Makan, Kalau Makan Malah Muntah? Ini Daftar Penyebabnya Menurut dr. Nadia

Cocok Dijadikan Bekal Mom, di Bawah Ini 5 Makanan yang Bisa Menghilangkan Rasa Mual saat Bepergian Jauh | Image oleh Ryan McGuire dari Pixabay -Freepik-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda sedang kehilangan napsu makan dan sulit untuk mengisi perut Anda yang tengah kosong itu.

Setiap kali Anda mencoba makan, yang ada justru mual dan muntah-muntah. Akhirnya perut sulit untuk diisi dengan makanan.

Pertanyaannya, apa yang menyebabkan Anda tidak napsu makan dan muntah-muntah itu?

Jawabnya menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah, bisa dikaitkan dengan masalah pada sistem pencernaan hingga keracunan makanan.

“Kehilangan nafsu makan, perut melilit, serta mual dan muntah meski baru makan sedikit paling sering disebabkan oleh suatu gangguan pencernaan,” kata dr. Nadia seperti dikutip FIN dari Alodokter.

“(Penyebabnya adalah) gastritis, tukak peptikum, batu atau radang empedu, obstruksi usus, alergi makanan, pankreatitis, malabsorpsi karbohidrat, radang usus, keracunan makanan, sindroma iritasi usus, dan sebagainya”.

Di luar itu, sambung dr, Nadio Nurotul Fuada, ada masalah lainnya seperti gangguan pada organ tertentu, batu dan infkesi ginjal, masalah liver, endometriosis, hingga merupakan tanda awal kehamilan.  

Kapan Harus ke Dokter?

Menurut dr Nadia, jika lebih dari tiga hari Anda tidak menunjukan kondisi yang membaik, maka jangan lagi tunda untuk memeriksakan kondisi ke dokter.

“Selain memberi Anda obat, dokter mungkin juga akan mengarahkan Anda untuk menjalani pemeriksaan darah, urin, rontgen, USG, atau bahkan merujuk Anda ke dokter penyakit dalam,” jelasnya.

Agar kondisi segera membaik, mereka dengan keluhan di atas disarankan untuk tetap makan, meski tidak memiliki napsu untuk makan.

Membatasi porsi dalam jumlah kecil, tetapi dengan durasi lebih sering adalah anjuran lainnya.

Ia juga mengingatkan mereka dengan masalah napsu makan, untuk mengkonsumsi jenis makanan yang mudah dicerna, selain beberapa jenis makanan yang harus dihindari untuk sementara waktu, seperti makanan yang pedas, asam, berlemak, dan minuman berkafein.

Menunda-nunda untuk ke dokter, jika sudah berlaru-larut, tanpa mengenali masalah yang tengah Anda hadapi, justru hanya akan memperburuk kondisi yang tengah di alami.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: