Jokowi ke Mendag: Idul Adha, Harga Pangan Harus Terjangkau

Jokowi ke Mendag: Idul Adha, Harga Pangan Harus Terjangkau

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan.--([email protected])

JAKARTA, FIN.CO.ID - Pemerintah memastikan harga pangan terjangkau jelang Idul Adha.

Untuk memastikan harga pangan terjangkau, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan jajarannya untuk memastikan ketersediaannya.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas).

(BACA JUGA:Harga Pangan di Kabupaten Tangerang Merangkak Naik, Cabai Merah Tembus Rp100 Ribu Per Kilogram)

Dikatakannya Presiden Jokowi telah memerintahkan untuk memastikan ketersediaan bahan pangan yang terjangkau jelang Idul Adha pada Juli 2022.

“Antisipasi pangan, harus tersedia, harga terjangkau,” katanya, Senin, 20 Juni 2022.

Mendag mengaku dirinya diperintahkan Presiden segera menurunkan harga minyak goreng curah di seluruh provinsi menjadi Rp14 ribu per liter sesuai harga yang ditetapkan pemerintah.

(BACA JUGA:Bertemu Menteri Pertanian, Mendag Zulhas Mau Jaga Petani Supaya Tidak Rugi: Kami Sudah Biasa Telepon-telepon)

Dia menargetkan dalam waktu satu bulan, harga minyak goreng curah dapat turun secara merata di seluruh daerah menjadi Rp14 ribu per liter.

“Minyak goreng itu Insyaallah akan jadi Rp14.000 (per liter). Target kita sebulan, ditambah kemasan sederhana yang akan segera dilangsungkan,” ujarnya.

Sebelum Sidang Kabinet Paripurna, Zulhas mengklaim dirinya sudah menemukan benang merah persoalan minyak goreng.

Ia akan memastikan suplai minyak goreng curah terjaga di tiga jalur distribusi yang mencakup 10 ribu titik. Ia meyakini bahwa solusi tersebut dapat mengurai persoalan jalur distribusi minyak goreng curah.

"Minyak curah ini, saya sudah tahu benang merahnya, ya. Ada tiga jalur distribusi, ada 10 ribuan titik, sekarang lagi saya suruh install di 10 ribu titik lebih itu orang bisa membeli dengan harga Rp14.000," katanya.

Langkah kedua yang disiapkan Mendag adalah dengan mengembangkan kemasan sederhana untuk minyak goreng curah, agar memudahkan proses distribusi, terutama dalam menjangkau kawasan pelosok Indonesia.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: