Jangan Tunggu 40 Hari, Ini Waktu yang Paling Tepat untuk Potong Kuku Bayi Baru Lahir

 Jangan Tunggu 40 Hari, Ini Waktu yang Paling Tepat untuk Potong Kuku Bayi Baru Lahir

Bayi Menangis, Ilustrasi oleh Ben Kerckx dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda mungkin pernah mendengar soal anjuran yang mengatakan bahwa, untuk memotong kuku bayi Anda diharuskan menunggu hingga si bayi berusia setidaknya 40 hari.

Pertanyaannya, benarkah klaim yang beredar di masyarakat itu?

Well, jawabnya menurut dr. Riza Marlina, tidak ada aturan atau anjuran soal kapan haru memotong kuku bayi, sebagaimana diklaim sebagian orang.

(BACA JUGA:Telinga Bayi Bernanah usai Ditindik? Cek Saran dr. Arrum Berikut Ini)

Justru dr. Riza Marlina menekankan akan risiko yang bisa ditanggung bayi, jika orang tua membiarkan kuku bayinya kepanjangan, lantaran terlambat memotong.

“Umumnya tidak ada larangan atau anjuran memotong kuku saat usia berapa, jika kuku sudah panjang maka sebaiknya segera dipotong,” kata dr. Riza Marlina seperti dikutip FIN dari Alodokter.

“Memang memotong kuku bayi baru lahir membuat ibu takut, namun jika dibiarkan terlalu panjang dapat menyebabkan kulit bayi terluka akibat garukan,”sambungnya.

Adapun alasan mengapa ada klaim menunggu 40 hari sebelum memotong kuku bayi, mungkin ada kaitannya dengan rasa takut orang tua akan melukai buah hati mereka.

dr. Riza Marlina juga mengingatkan jika pada dasarnya, kuku bayi memiliki durasi pertumbuhan yang sangat cepat. Oleh sebab itu, memotong kuku bayi jika sudah panjang, sangat dianjurkan, tanpa melihat usia bayi itu sendiri.

“Walau terlihat masih lembut dan lunak hal ini lah yang membuat orang tua ragu dalam memotong kuku bayi baru lahir. Selain itu juga memiliki rasa khawatir tersendiri jika tiba-tiba saat memotong kuku bayi bergerak sehingga takut melukai bayi secara tidak sengaja”.

Sebab itu, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, orang tuda disarankan untuk menggunakan jenis gunting kuku khusus bayi.

Memotong kuku di saat jam tidur si kecil, juga sangat dianjurkan untuk memudahkan proses gunting kuku bayi.

“Bunda bisa menggunakan potong kuku khusus untuk bayi, guntinglah kuku saat bayi tidur, hindari menggunting kuku terlalu dalam,” ujarnya menyarankan.

Tidak lupa juga ia mengingatkan orang tua, untuk tidak lupa selalu mengenakan sarung tangan bayi untuk menghindari kebiasaan bayi menggaruk wajah.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: