LPES Nilai Erick Thohir Sukses Restrukturisasi BUMN

LPES Nilai Erick Thohir Sukses Restrukturisasi BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir.--Istimewa

JAKARTA FIN.CO.ID- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kerap mengeluarkan kebijakan dan terobosan yang dinilai membawa tren positif bagi perusahaan BUMN.

Erick terus menjalankan transformasi di tubuh BUMN dengan tujuan agar perusahaan-perusahaan BUMN makin profesional, transparan, dan akuntabel.

Sekjen Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Santri (LPES) Ubaidillah Amin mengatakan, kinerja Kementerian BUMN di bawah kepemimpinan Erick Thohir terbukti membawa perubahan besar yang belum pernah dilakukan para menteri sebelumnya, salah satunya dengan melakukan penggabungan perusahaan plat merah agar berjalan efektif dan efisien.

(BACA JUGA:Ikut Sambut Jenazah Eril, Erick Thohir Doakan Keluarga Ridwan Kamil Diluaskan Kesabaran)

"Salah satu contoh sudah terealisasinya proses marger beberapa BUMN besar yang memang menjadi mimpi pemerintah sejak lama sebelum pemerintahan Presiden Jokowi," ujar Ubaidillah kepada wartawan, Jumat 17 Juni 2022.

Selain itu, Ubaidillah menyampaikan hanya Erick Thohir secara tegas membubarkan perusahaan BUMN yang dianggap sudah tidak sehat dan tidak segan menyetop Penyertaan Modal Negara (PMN) bagi BUMN yang tidak produktif.

"Pelaksanaan restrukturisasi BUMN dhuafa (tidak sehat) berani dilakukan hanya di era menteri BUMN Erick Thohir, yang mana dahulu-dahulunya hanya dibiarkan dan disuntik PMN," ungkapnya.

(BACA JUGA:Erick Thohir Didukung Maju Pilpres 2024, Putera Terbaik Sumatera)

Erick Thohir memastikan PMN BUMN tepat sasaran, bahkan, alokasinya pun dipastikan efektif. Dengan begitu pemerintah tidak akan menyuntik PMN secara asal-asalan dan mempertimbangkan dampak operasional BUMN terhadap masyarakat.

Namun, kebijakan Erick tersebut membuat sejumlah pihak yang tidak senang sebab Ubaidillah menilai pihak yang tak senang dengan gaya kepemimpinan Erick Thohir adalah mereka selama ini penikmat uang rakyat dari keberadaan BUMN yang sudah cacat.

(BACA JUGA:Erick Thohir Ogah Sponsor Formula E, Sahroni Beri Sindiran Begini... )

"Jadi kalau ada yang bilang menteri BUMN Erick Thohir gak becus dan gak bisa kerja, saya rasa yang ngomong tersebut ngopinya kurang kental atau bagian dari penikmat CSR BUMN dhuafa," katanya.

Pengasuh Pondok Pesantren Kaliwining, Jember itu menyebut, apa yang dilakukan Erick Thohir selama ini sudah sesuai dengan tagline yang digaungkan, yaitu BUMN AKHLAK.

“Dan saya rasa keberanian beliau merubah pola kerja kementerian BUMN sejalan dengan visi misi Presiden Jokowi. Revolusi Mental” beber Ubaidillah.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: