Minat Wisata Masyarakat Mulai Bangkit, Ini Fakta-Faktanya

Minat Wisata Masyarakat Mulai Bangkit, Ini Fakta-Faktanya

Objek Wisata Situ Bagendit di Garut Jawa Barat-Birkompu-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Minat berwisata masyarakat Indonesia mulai bangkit.

Kembangkitan minat wisata masyarakat tak terlepas semakin menurunnya penyebaran Covid-19.

Selain itu, minat masyarakat berwisata bangkit karena angka vaksinasi dosis lengkap juga tinggi.

(BACA JUGA:Geopark Batu Angus Ternate, Bongkahan Batu Lava Gunung yang Dijadikan Destinasi Wisata Nasional)

Bangkitnya minat wisata masyarakat Indonesia terlihat dari EPIC Sale keenam yang digelar Traveloka pada 31 Mei hingga 6 Juni 2022. 

Dari gelaran tersebut, terlihat bangkitnya minat wisata masyarakat dari pemenasan paket wisata yang naik dua kali lipat dibanding pada EPIC Sale sebelumnya Oktober 2021.

Pada gelaran tersebut Traveloka menggandeng lebih dari 55.000 mitra perjalanan dan wisata.

(BACA JUGA:Cegah Krisis Sektor Pariwisata, Wamenparekraf Tekankan Pentingnya Investasi di Bidang Ini)

Albert Co-Founder Traveloka dlam keterangan tertulisnya menyebut peningkatan juga terjadi pada jumlah pengunjung harian aplikasi Traveloka selama EPIC Sale berlangsung. 

Totalnya mencapai lebih dari 160 persen di mana beragam penawaran potongan diskon hingga 80 persen untuk berbagai produk dan layanan dapat dinikmati.

Selain peningkatan jumlah pemesanan, selama periode EPIC Sale keenam ini, Traveloka melihat adanya tren peningkatan Staycation sebagai opsi liburan di akhir pekan dan libur sekolah pada akhir Juni hingga awal Juli nanti. 

Kenaikan juga terjadi pada pembelian asuransi perjalanan sebesar 3 kali lipat dibanding semester kedua 2021. Selain itu, dengan mulai dibukanya perbatasan dan penerbangan internasional, periode EPIC Sale kali ini juga menunjukkan adanya peningkatan minat konsumen terhadap destinasi internasional sebesar 10 kali lipat dibandingkan dengan periode EPIC Sale sebelumnya pada Oktober 2021 dengan negara-negara favorit warga Indonesia termasuk Singapura, Malaysia, dan Thailand.

“EPIC Sale merupakan bentuk komitmen Traveloka untuk menempatkan konsumen sebagai prioritas. Peningkatan pemesanan yang hampir mencapai 2 kali lipat dibanding EPIC Sale Oktober lalu menegaskan EPIC Sale semakin diminati dan dinantikan oleh masyarakat Indonesia," katanya, Jumat, 17 juni 2022.

"Selain itu, hal ini menunjukkan semakin tumbuhnya minat masyarakat untuk melakukan perjalanan di tengah semakin terkendalinya situasi dan pelonggaran kebijakan pemerintah. Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya EPIC Sale. Terlebih dari itu, program EPIC Sale dan inisiatif-inisiatif kami lainnya juga merupakan bentuk komitmen Traveloka untuk senantiasa terdepan dalam mendukung upaya pemerintah mempercepat pemulihan pariwisata nasional," imbuhnya

Sumber: