Lidah Terasa Sakit padahal Gak Sariawan, Ini Daftar Penyebabnya Menurut dr. Amadeo

Lidah Terasa Sakit padahal Gak Sariawan, Ini Daftar Penyebabnya Menurut dr. Amadeo

Sakit Lidah, Image oleh Klaus Hausmann dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda memiliki keluhan lidah yang terasa nyeri atau sakit. Ketika Anda perhatikan tidak ada tanda-tanda sariawan yang terjadi pada Anda.

Pertanyaannya, apa yang menyebabkan rasa sakit di lidah itu jika sariawan bukan penyebabnya?

Menurut dr. Amadeo Drian Basfiansa rasa sakit dilidah yang bukan karena sariawan, bisa disebabkan oleh pemicu lain.

(BACA JUGA:Perut Bagian Atas Terasa Sakit dan Mulut Terasa Pahit? Itu Ciri Penyakit Asam Lambung)

“Ada kondisi lain yang juga bisa memicu keluhan tersebut, seperti infeksi jamur, luka akibat makanan yang tajam, radang lidah, iritasi akibat bahan kimia, dan pertumbuhan jaringan abnormal,” kata dr. Amadeo Drian Basfiansa seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Untuk menentukan yang mana penyebabnya, lanjut dr. Amadeo, perlu dilihat secara seksama dan mencari apakah ada gejala lain yang mungkin muncul akibat rasa sakit tersebut.

Dokter perlu mengetahui sudah berapa lama masalah ini dikeluhkan, apakah merupakan kondisi yang kambuhan dan lainnya.

“Apakah ada kemerahan, pembengkakan atau perubahan lainnya (pada lidah),” sambungnya.

Jika keluhan dirasa mengganggu, mereka dengan lidah yang sakit namun tanpa ciri-ciri seperti sariawan, dianjurkan untuk memeriksakan kondisi mereka ke dokter.

Untuk sementara, dr. Amadeo menyarankan untuk tidak sembarangan dalam mengkonsumi makanan, selain juga menghindari rokok jika ternyata merokok.

“Sementara itu tidak perlu cemas berlebihan, jaga kebersihan rongga mulut, jangan konsumsi makanan bertepi tajam, hindari makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin, hindari merokok, boleh konsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas dengan membaca aturan pakai yang tertera, dan segera periksakan diri Anda,” tutup dr. Amadeo.

Penyebab Mulut Bau Meski Rajin Gosok Gigi

Penyebab bau mulut ini menurut dr. Giordano Bandi Lolok, adalah berbagai sebab. Salah satunya penumpukan bakteri pada gigi, gusi dan lidah.

Berikut beberapa penyebab bau mulut, menurut dr. Giordano Bandi seperti dikutip FIN dari Alodokter:

Xerostomia

Kondisi ini adalah di mana mulut seseorang mengalami keringan, yang berakibat pada berkurangnya produksi air liur, memicu bau mulut.
Penyakit gigi dan gusi.

Selain disebabkan oleh kondisi bernama periodontitis, bau mulut juga dapa disebabkan abses gusi.

Gangguan saluran pencernaan

Mereka yang mengalami gangguan pencernaan seperti sakit maag dan asam lambung, juga dilaporkan bermasalah dengan mau mulutnya.
Penyebab lainnya.

Sinusisit, diabetes, gangguan liver, dan infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan manusia, juga dapat menyebabkan masalah pada bau mulut mereka.

Kebiasaan orang minum kopi juga disebut jadi penyebab bau mulut. Mengapa kopi bikin bau mulut, karena hal ini ada hubungannya dengan kandungan sulfur dan asam, yang dimiliki oleh kopi itu sendiri.

Gak cuma itu, kebiasaan orang minum kopi, akan menyebabkan menurunnya produksi air liur, dan menyebabkan terperangkapnya bakteri di dalam mulut.



DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: