Pertahankan Surplus Neraca Perdangan, Pemerintah akan Ekspansi Pasar Ekspor ke Berbagai Negara

Pertahankan Surplus Neraca Perdangan, Pemerintah akan Ekspansi Pasar Ekspor ke Berbagai Negara

Ilustrasi Ekspor Impor-Istimewa-

JAKARTA, FIN.CO.ID- Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan berlanjutnya surplus neraca dagang Indonesia pada Mei 2022 menjadi modal dan amunisi yang ampuh dalam menopang ketahanan sektor eksternal di tengah pemulihan ekonomi yang masih berlangsung.

Adapun neraca dagang pada bulan lalu berhasil mencetak surplus 2,89 miliar dolar AS dan menjadikan tren surplus selama 25 bulan secara berturut-turut sejak Mei 2020.

"Kinerja neraca perdagangan yang kembali mencatatkan nilai surplus perlu disyukuri," kata Airlangga dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu 15 Juni 2022.

(BACA JUGA:Aturan Larangan Ekspor Dunia Menghantam Neraca Perdagangan Indonesia)

Sebagai salah satu langkah mempertahankan surplus neraca perdagangan, pemerintah terus berupaya mendorong ekspansi pasar ekspor ke berbagai negara.

Pada Mei 2022, Airlangga menyebutkan negara tujuan ekspor Indonesia yang terbesar adalah Tiongkok dengan nilai 4,59 miliar dolar AS atau 22,95 persen dari total ekspor, diikuti India sebesar 2,26 miliar dolar AS (11,27 persen) dan Amerika Serikat sebesar 2,05 miliar dolar AS (10,26 persen).

(BACA JUGA:BPS: Perang Rusia vs Ukraina Bikin Neraca Perdagangan Indonesia 'Kacau')

"Jalinan kerja sama bilateral maupun multilateral akan terus diperkuat pemerintah untuk memperluas akses pasar berbagai produk berkualitas hasil karya anak negeri, termasuk Forum G20 dan berbagai forum kerja sama internasional lainnya akan menjadi media yang terus dioptimalkan untuk mencapai tujuan tersebut," ujarnya.

Surplus neraca perdagangan yang terus terjaga, kata dia, tentunya didukung kinerja ekspor yang semakin tangguh. Pada Mei 2022, nilai ekspor Indonesia mencapai 21,51 miliar dolar AS atau tumbuh dua digit yakni sebesar 27 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year-on-year/yoy). 

(BACA JUGA:Surplus Neraca Perdagangan Desember 2021 Tembus Rp1,02 Miliar)

Bahkan, nilai ekspor Indonesia secara kumulatif selama periode Januari hingga Mei 2022 telah mencapai 114,97 miliar dolar AS atau tumbuh signifikan sebesar 36,34 persen (cumulative-to-cumulative/ctc). 

Di samping itu, struktur ekspor Indonesia yang didominasi oleh sektor industri sebesar 65,73 persen juga mengindikasikan prospek yang sehat pada kinerja perdagangan ke depan dengan nilai tambah tinggi.

"Untuk memacu nilai tambah ekspor, akselerasi program hilirisasi komoditas unggulan akan terus dipercepat. Program ini nantinya tidak hanya akan mendorong output nasional namun juga akan menyerap tenaga kerja sebesar-besarnya," tutur Airlangga.

Ia menambahkan, impor Mei 2022 tercatat sebesar 18,61 miliar dolar AS atau berhasil tumbuh 30,74 persen (yoy).

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: