Ini Target Jokowi kepada Zulkifli Hasan: Harus Sering Terjun ke Lapangan

Ini Target Jokowi kepada Zulkifli Hasan: Harus Sering Terjun ke Lapangan

Presiden Jokowi bersama Mendag Zulkifli Hasan dan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto -Sekretariat Presiden-Youtube

JAKARTA, FIN.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Zulkifli Hasan (Zulhas) sebagai Menteri Perdagangan (Mendag).

Ketua Umum DPP PAN itu diberi sejumlah target oleh Jokowi. Selain menyelesaikan persoalan minyak goreng dan menjaga ketersediaan bahan pokok, Zulhas juga dibebani tanggung jawab meningkatkan ekspor. 

(BACA JUGA:Zulkifli Hasan Ditarget Selesaikan Persoalan Minyak Goreng: Background Pengalaman Saya Panjang )

"Kita melihat semuanya, rekam jejak pengalaman, kemudian terutama untuk kemampuan manajerial. Sekarang bukan hanya makro saja, tapi mikro-nya juga harus secara detil dikerjakan. Saya lihat Pak Zul dengan pengalaman, rekam jejak yang panjang saya kira akan sangat bagus untuk Mendag," kata Presiden Jokowi usai pelantikan menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Menurut Jokowi, saat ini pengalaman lapangan seorang menteri sangat dibutuhkan. Tujuannya agar mampu melihat kondisi riil yang dialami masyarakat.

"Sekarang ini urusan pangan yang berkaitan dengan rakyat ini memerlukan pengalaman lapangan. Memerlukan kerja yang terjun lapangan untuk melihat langsung persoalan yang utamanya berkaitan dengan kebutuhan pokok rakyat," terang Jokowi.

Kepala Negara juga meminta Zulhas, meningkatkan ekspor Indonesia ke mancanegara.

(BACA JUGA:Jokowi Resmi Lantik Zulhas dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri)

Pelantikan Zulhas berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 64P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 yang ditetapkan pada tanggal 15 Juni 2022. 

Di saat yang bersamaan, Jokowi juga melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), menggantikan Sofyan Djalil.

Diketahui, Zulhas merupakan Ketua Umum DPP PAN. Dia pernah menjabat sebagai Menteri Kehutanan pada tahun 2009-2014, dalam Kabinet Indonesia Bersatu II di bawah kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

Zulhas juga merupakan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat periode 2014-2019.

(BACA JUGA:Rizal Ramli Kritik Keras Soal Jokowi Reshuffle Menteri: Kehidupan Rakyat Tidak Akan Lebih Baik)

Sebelumnya, usai dilantik Zulhas optimistis bisa segera menyelesaikan persoalan distribusi dan pengendalian harga minyak goreng. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: