Rusia Siap-siap Ya, Korea Mulai Turun Tangan Bantu Ukraina Lho, Ini Bantuan yang Diberikan

Minggu 06-03-2022,13:32 WIB
Reporter : Khanif Lutfi
Editor : Khanif Lutfi

JAKARTA, FIN.CO.ID - Sederet selebritas Korea Selatan mulai dari para personel grup idola K-pop U-Kiss hingga aktris Lee Young-ae ikut menyisihkan pendapatan mereka untuk didonasikan kepada rakyat Ukraina.

Soohyun, Hoon dan Kiseop U-Kiss menyumbangkan 10 juta won atau setara Rp118 juta melalui Kedutaan Besar Ukraina di Seoul pada Kamis (3/3).

Bantuan tersebut, dalam upaya membantu anak-anak dan pengungsi Ukraina yang terdampak invasi Rusia.

(BACA JUGA:Waduh! Bahas Perang Rusia-Ukraina, China Telepon Amerika Serikat: Nyatakan Siap Mendukung...)

"Kami ingin memberikan bantuan kepada orang-orang di Ukraina. Kami berharap perang berakhir secepat mungkin sehingga orang-orang dapat berdamai kembali," kata mereka seperti dikutip dari The Korea Times, Minggu, 6 Maret 2022.

Duta Besar Ukraina untuk Korea Dmytro Ponomarenko mengapresiasi donasi ini.

"Saya kebetulan bertemu U-Kiss ketika saya berpikir untuk menjalankan proyek yang melibatkan artis K-pop dan anak-anak Ukraina. Jadi saya sangat senang melihat grup ini," ujarnya.

(BACA JUGA:Perang Belum Usai, Rusia: Kami Akan Bertahan! Di Medan Perang dan di Ruang Siber! )

Pada hari yang sama, penyanyi sekaligus aktor Yang Dong-geun juga menyerahkan nominal dana serupa U-Kiss kepada kedutaan.

"Sangat mengejutkan melihat berita tentang seorang gadis Ukraina berusia enam tahun, yang tewas dalam tembakan Rusia. Berita itu benar-benar menghancurkan hatiku. Aku ingin mengirimkan cinta dan dukungan kepada para korban dan keluarga mereka di Ukraina," kata dia.

Narsha dari grup idola K-pop Brown Eyed Girls menyumbangkan 10 juta untuk Palang Merah Korea.

"Aku memutuskan untuk memberikan sumbangan untuk membantu orang-orang Ukraina dan anak-anak, yang tiba-tiba kehilangan rumah mereka," tutur dia.

Aktris Lee Young-ae juga ikut menyumbang sebanyak 100 juta won atau setara Rp1,1 miliar. 

"Aku anggota keluarga seorang veteran perang, jadi aku dapat bersimpati dengan kengerian perang lebih dari siapa pun," katanya.

Kategori :