Cara Mengatasi Rem Blong Agar Kecelakaan Maut Seperti di Balikpapan Bisa Dihindari

Sabtu 22-01-2022,00:15 WIB
Reporter : Sigit Nugr
Editor : Sigit Nugr

 

JAKARTA, FIN.CO.ID - Publik baru-baru ini dihebohkan dengan kecelakaan maut yang terjadi di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Kecelakaan yang terjadi di jalan Soekarno-Hatta KM 0, kawasan Turunan Rapak atau Turunan Kilo Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat, 21 Januari 2022 pagi, diduga akibat rem blong pA[ada sebuah truk tronton berpelat nomor KT-8534-AJ. 

Kecelakaan itu mengakibatkan 4 orang tewas dan belasan lainnya luka berat.

(BACA JUGA:Polisi Ungkap Hasil Tes Urine Sopir Truk Penyebab Kecelakaan Maut Balikpapan)

(BACA JUGA:Lagi Berboncengan, Dua Warga Cilegon Banten Jadi Korban Kecelakaan Maut Balikpapan)

Rem blong sendiri adalah disfungsi rem yang menyebabkan sistem pengereman tidak bekerja dengan baik, bahkan tidak berfungsi sama sekali. 

Sebenarnya rem blong sendiri dapat diantisipasi apabila pengemudi melakukannya dengan benar dan tepat. 

Dikutip dari nissan.co.id, berikut ini adalah beberapa langkah penting yang wajib Anda lakukan ketika menghadapi rem blong agar dapat mengurangi potensi kecelakaan fatal. 

1. Menurunkan Gigi Secara Bertahap

Sebagian besar kecelakaan terjadi akibat pengendara dalam kecepatan tinggi. Ketika Anda mengetahui bahwa rem kendaraan mengalami blong, segera turunkan gigi secara bertahap, dari tinggi  ke rendah. 

Ada kemungkinan bahwa putaran RPM  (rotasi per menit) akan sangat tinggi ketika Anda menurunkan gigi. Hal tersebut tidak masalah selama Anda menurunkannya secara perlahan Teknik ini biasa disebut sebagai teknik pengereman mesin.

2. Memanfaatkan Rem Tangan

Selagi Anda melakukan pengereman mesin, imbangi juga dengan rem tangan. Rem tangan akan sangat efektif menurunkan kecepatan. Ada alasan mengapa rem tangan dilakukan pada langkah kedua. 

Kategori :