8 Manfaat Minum Kopi selain Bikin Melek: Meningkatkan Fungsi Otak hingga Mencegah Kanker

Senin 15-01-2024,11:06 WIB
Reporter : Makruf
Editor : Makruf

Diabetes tipe 2 adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi akibat resistensi insulin. Nah, ternyata minum kopi di pagi hari bisa mencegah diabetes tipe 2, lho. Kopi bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah kita. Selain itu, kopi juga mengandung senyawa yang bisa menghambat penyerapan gula dari makanan. Jadi, minum kopi itu bisa membantu mengontrol gula darah kita.

Manfaat Minum Kopi #5

Mengurangi depresi

Depresi adalah gangguan suasana hati yang ditandai dengan perasaan sedih, putus asa, dan tidak bersemangat. Depresi bisa memengaruhi kualitas hidup kita dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Nah, minum kopi di pagi hari bisa mengurangi depresi, lho. Kafein dalam kopi bisa meningkatkan kadar hormon dopamin dan serotonin di otak kita. Hormon-hormon ini adalah hormon yang bisa membuat kita merasa bahagia, tenang, dan puas. Jadi, minum kopi itu bisa membantu kita mengatasi depresi dan meningkatkan mood kita.

Manfaat Minum Kopi #6

Mencegah Parkinson

Kopi mengandung kafein yang dapat mencegah terjadinya degenerasi pada neuron dopaminergik di otak, sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit Parkinson. 

Manfaat Minum Kopi #7

Mencegah Alzheimer

Selain itu, kafein juga dapat meningkatkan kadar Granulocyte-colony Stimulating Factor (GCSF) dalam plasma darah, yang dapat merangsang pertumbuhan sel saraf baru dan melindungi otak dari penyakit Alzheimer

Manfaat Minum Kopi #8

Mencegah Kanker

Kopi juga mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan DNA yang dapat menyebabkan kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat menurunkan risiko kanker hati, endometrium, payudara, pankreas, dan prostat.

Rekomendasi Ahli


Manfaat Minum Kopi tanpa Gula, Image: Ba Tik / Pexels--

Nah, itu dia 5 manfaat minum kopi yang bisa FIN bagikan. 

Tapi, ingat ya, segala sesuatu yang berlebihan itu gak baik. 

Jadi, minum kopi secukupnya saja, ya. Jangan sampai kecanduan atau overdosis kafein. 

Para ahli merekomendasikan minum kopi maksimal tiga cangkir sehari, dan jangan minum kopi di malam hari, karena bisa mengganggu tidurmu.

Oke, sekian dulu artikel dari FIN. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu. 

Kategori :