Pemilik Kendaraan Harus Punya Tempat Parkir, Sahroni: Mau Beli Mobil Punya Garasi Dulu

Jumat 07-04-2023,17:29 WIB
Reporter : Khanif Lutfi
Editor : Khanif Lutfi

Pemilik Kendaraan Harus Punya Tempat Parkir - Rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang akan mempertegas kewajiban pemilik kendaraan wajib memiliki ruang parkir didukung Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni. 

Sahroni mengaku sangat sepakat dengan rencana dan syarat-syarat pemilik kendaraan wajib memiliki ruang parkir. 

"Orang mau beli kendaraan, terutama mobil, harus dipastikan punya garasi terlebih dahulu," kata Sahroni, Jumat 7 April 2023.

Sahroni menilai, rencana wajib memiliki ruang parkir sangat tepat karena banyak pemilik kendaraan yang kerap memarkirkan kendaraan nya di sembarang tempat. 

BACA JUGA:Pemudik Harus Isi BBM Sebelum Masuk Tol Indralaya-Prabumulih Trans Sumatera

Seperti di jalanan umum yang tidak menjadi area dari tempat tinggalnya.

"Karena kebiasaan parkir liar sudah sangat meresahkan dan kerap menimbulkan konflik. Terutama parkir liar di gang-gang yang membuat akses jalanan semakin sempit," ujarnya.

Sahroni mengingatkan agar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi yang memuat kewajiban pemilik kendaraan memiliki ruang parkir lebih dipertegas penerapannya oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Kita kan sebenarnya sudah punya Perda terkait ini. Oleh karena itu, saya minta Pj Gubernur DKI harus mulai tegas terapkan aturan tersebut," ucapnya.

BACA JUGA:Perum Jasa Tirta I Gelar Mudik Gratis BUMN, Rute Keberangkatan dari Jakarta dan Malang

Dia berharap dengan penerapan Perda yang lebih maksimal tersebut dapat memberi efek tekan lebih jauh demi terciptanya situasi jalanan dan lingkungan DKI Jakarta yang lebih baik.

"Beri sosialisasi kepada masyarakat, kalau perlu buat efek yang lebih menekan dalam penerapannya. Agar masyarakat bisa dengan cepat ikuti aturan. Kalau tidak mau sampai kapan seperti ini?" tuturnya.

Sebab, menurut dia aturan-aturan terkait kewajiban pemilik kendaraan memiliki ruang parkir sudah diterapkan di beberapa negara lainnya.

"Lagipula aturan seperti ini sudah banyak diterapkan dan terbukti efektif di beberapa negara. Jadi memang bukan hal yang baru lagi, sudah lumrah sebenarnya," imbuhnya.

Kategori :