Awali Tahun Baru dengan Kebiasaan Sederhana Tapi Bermanfaat bagi Kesehatan

Minggu 01-01-2023,10:00 WIB
Reporter : Khanif Lutfi
Editor : Khanif Lutfi

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kesehatan menjadi salah satu perhatian utama, terutama setelah dunia dilanda pandemi COVID-19 selama dua tahun belakangan. 

Anda dapat mengawali tahun baru dengan memulai kebiasaan sederhana dalam kehidupan sehari-hari tapi bermanfaat bagi kesehatan.

Apa saja contohnya?

BACA JUGA:Tradisi Unik Merayakan Tahun Baru dari Berbagai Negara

Seperti disiarkan CNA, Sabtu (31/12), aktivitas fisik yang sederhana sepanjang hari berkaitan dengan penurunan risiko penyakit secara signifikan.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di Nature Medicine, peneliti mengumpulkan data dari 25.000 orang yang tidak olahraga teratur, dengan rata-rata usia 60 tahun, kemudian memantau perkembangan mereka selama hampir tujuh tahun.

Ternyata ada penurunan risiko kematian kardiovaskular hampir 50 persen dan penurunan 40 persen risiko kematian akibat kanker pada orang yang berolahraga selama 1-2 menit sebanyak tiga kali sehari dibandingkan mereka yang sama sekali tidak berolahraga.

Olahraga singkat ini berkaitan dengan aktivitas sehari-hari, yakni berjalan cepat saat berangkat kerja atau menaiki tangga dengan cepat.

BACA JUGA:Apa Penderita COVID Bebas Bepergian di Tempat Umum setelah Pencabutan PPKM?

Studi pada 2020 menunjukkan empat menit olahraga mengaitkan dengan usia yang lebih panjang, studi pada 2019 menemukan bahwa menaiki tangga selama 20 detik beberapa kali sehari meningkatkan kebugaran aerobik.

Olahraga dengan intensitas tinggi efektif dalam menciptakan otot. Olahraga dengan intensitas tinggi yang dilakukan secara singkat, berulang-ulang diselingi jeda pendek, bisa meningkatkan penyerapan oksigen, mencegah penyumbatan arteri jantung, membuat jantung bisa memompa lebih banyak darah dan berfungsi lebih baik.

Studi baru menunjukkan bahwa aktivitas itu bisa dilakukan setiap hari.

"Ini menegaskan aktivitas fisik berat walau sedikit bisa sangat bermanfaat," kata Martin Gibala, seorang profesor kinesiologi di Universitas McMaster di Ontario yang merupakan penulis studi tersebut.

BACA JUGA:Menarik! Google Rayakan Tahun Baru 2023 Dengan Hadirkan Doodle Taburan Konfeti

Kategori :