Kenali Penyakit Stiff Person Syndrome yang Dialami Celine Dion, Penyebab dan Gejalanya, Ngeri!

Jumat 09-12-2022,16:11 WIB
Reporter : Afdal Namakule
Editor : Afdal Namakule

Orang dengan Stiff Person Syndrome juga lebih cenderung memiliki gejala depresi dan kecemasan. 

Hal ini sebagian disebabkan oleh penyakit yang tidak dapat diprediksi, tetapi pasien juga memiliki tingkat neurotransmitter GABA yang lebih rendah, yang mengatur kecemasan.

Kebanyakan orang mulai mengalami gejala antara usia 30 dan 60 tahun.

BACA JUGA:Nyeri Bahu Itu Tanda Penyakit Apa? Ini Penjelasan Dokter

Apa yang menyebabkan Stiff Person Syndrome?

Meskipun penyebab Stiff Person Syndrome masih belum diketahui, para peneliti menduga hal itu mungkin disebabkan oleh reaksi autoimun. 

Secara khusus, sistem kekebalan tampaknya menyerang protein yang disebut dekarboksilase asam glutamat (GAD), yang membantu membuat zat yang disebut asam gamma-aminobutirat (GABA).

GABA membantu mengatur neuron motorik dengan mengurangi aktivitasnya. Tingkat GABA yang rendah dapat menyebabkan neuron-neuron tersebut menyala terus menerus bahkan ketika tidak seharusnya. 

Sekitar 60-80 persen pasien Sindrom Orang Kaku memiliki antibodi anti-GAD dalam darah dan cairan serebrospinal (zat mirip air yang mengelilingi otak).

Banyak pasien SPS juga memiliki penyakit autoimun lain, seperti diabetes tipe 1, vitiligo, dan anemia pernisiosa. 

SPS juga lebih sering terjadi pada orang dengan jenis kanker tertentu, termasuk kanker payudara, kanker paru-paru, kanker ginjal, kanker tiroid, kanker usus besar, dan limfoma. Namun, alasan tautan ini masih belum diketahui.

 

Kategori :