18 Desa di Kabupaten Bogor Masih Susah Sinyal atau Blank Spot

Selasa 06-12-2022,18:56 WIB
Reporter : Khanif Lutfi
Editor : Khanif Lutfi

BOGOR, FIN.CO.ID - Ada 18 desa di Kabupaten Bogor, Jawa Barat susah sinyal (lemah sinyal) atau blank spot. 

Pemkab Bogor melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menyatakan bahwa wilayah susah sinyal atau blank spot kini tersisa di 18 desa.

BACA JUGA:Dapat Kiriman Air dari Bogor, Satu Desa di Kabupaten Bekasi Banjir Hingga 1 Meter

"Terhitung pada bulan kemarin setelah kami data kembali, terjadi penurunan desa-desa yang terindikasi lemah sinyal, sekarang tinggal 18 desa saja," kata Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor Bayu Ramawanto, Selasa 6 Desember 2022.

Pasalnya, pada awal tahun 2022 Pemkab Bogor mencatat masih ada 35 desa sebagai wilayah blank spot atau susah sinyal. 

Bayu meyakini, jumlah wilayah blank spot atau susah sinyal di daerahnya akan terus berkurang.

Ia menyebutkan, berkurangnya wilayah blank spot tersebut merupakan hasil dari upaya Pemkab Bogor yang intens berkoordinasi dengan Asosiasi Pengembang Infrastruktur Menara Telekomunikasi (Aspimtel).

BACA JUGA:Polisi Berpangkat Aiptu Mesum di Kantornya, Polres Bogor Akhirnya Ungkap Fakta yang Ditemukan

"Jadi ketika daerah itu lemah signal, bukan berarti harus ada menara di daerah tersebut, tapi bisa saja cukup dengan digeser sekian derajat saja antenanya. Dan itu cukup untuk mengurangi atau menjadi solusi untuk masalah lemah sinyal," ujar Bayu.

Menurutnya, Pemkab Bogor juga berupaya menghilangkan kesenjangan transformasi digital antara masyarakat di wilayah perkotaan dengan di desa, caranya dengan memenuhi ketersediaan teknologi informasi dan komunikasi.

Bayu menyebutkan bahwa upaya itu dilakukan untuk menjadikan Kabupaten Bogor cakap digital, meski secara geografis wilayahnya terdiri dari pegunungan, yang cenderung sulit mendapatkan jaringan internet.

Salah satu langkah yang telah dilakukan yakni pemasangan internet menggunakan fiber optic di seluruh kecamatan serta program wifi gratis di 240 titik ruang publik terutama di wilayah blank spot.

BACA JUGA:3 Tukang Ojek Jadi Korban Pembunuhan KKB Papua, Ditembak saat Mangkal di Distrik Oksebang

"Kini terdapat 264 titik wifi gratis tersebar di berbagai kecamatan. Kabupaten Bogor memiliki 1.615 menara telekomunikasi dengan coverage arena telekomunikasi mencapai 91,26 persen," ujarnya.

Kategori :