News

TNI-Polri Duduki Markas KKB Pimpinan Undius Kogoya di Papua Tengah, Sejumlah Barang Bukti Diamankan

fin.co.id - 18/06/2024, 09:12 WIB

Aparat gabungan yang terdiri dari Satgas Operasi Damai Cartenz, Kodam XVII Cenderawasih, dan Polda Papua berhasil menduduki markas KKB pimpinan Undius Kogoya di Distrik Bibida Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah. Foto: Istimewa

fin.co.id - Aparat gabungan yang terdiri dari Satgas Operasi Damai Cartenz, Kodam XVII Cenderawasih, dan Polda Papua berhasil menduduki markas kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Undius Kogoya di Distrik Bibida, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah. Satgas Ops Damai Cartenz-2024 bersama tim gabungan TNI-Polri telah melakukan penegakkan hukum yang tegas dan terukur terhadap KKB di Kabupaten Paniai, Papua Tengah.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Operasi Damai Cartenz 2024 Kombes Pol Faizal Ramadhani dalam keterangannya yang diterima wartawan di Jakarta, Selasa 18 Juni 2024.

“Benar, kami telah melakukan penegakkan Hukum yang tegas dan terukur kepada kelompok KKB pimpinan Undius Kogoya di Distrik Bibida, Kampung Bibida, Kabupaten Paniai yang selama ini aktif melakukan aksi-aksi Kriminal sehingga mengakibatkan masyarakat sipil mejadi korban,” kata Faizal.

Dia mengatakan, pelaksanaan penegakkan hukum yang tegas dan terukur terhadap KKB di Kabupaten Paniai, melibatkan personel gabungan TNI-Polri dari satgas Ops Damai Cartenz-2024, Kodam XVII/Cenderawasih, dan Polda Papua.

Baca Juga

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024 AKBP Bayu Suseno menambahkan, dalam operasi penegakan hukum yang tegas dan terukur terhadap KKB di Kabupaten Paniai, pihaknya melibatkan personel gabungan TNI-Polri selama tiga hari sejak 14-17 Juni 2024.

"Kami menegaskan kembali, bahwa Satgas Ops Damai Cartenz-2024, berkomitmen untuk terus melakukan penegakkan hukum yang tegas dan terukur terhadap KKB di Papua ini,” ujarnya.

Ditambahkanya, ia menegaskan, Operasi Damai Cartenz-2024 akan terus melakukan pengejaran dan penegakan hukum yang tegas dan terukur terhadap kelompok KKB pimpinan Undius Kogoya yang selama ini telah melakukan sejumlah aksi kriminal di Kabupaten Paniai serta juga terhadap Kelompok KKB lainya pada 9 wilayah Operasi Damai Cartenz-2024 di Papua.

Dalam penggerebekan ini aparat gabungan menyita sejumlah barang bukti sebagai berikut:

1. Senapan Angin sebanyak 3 Pucuk

2. Amunisi Kaliber 5,66 mm sebanyak 2 Butir

Baca Juga

3. Amunisi Kaliber 7,62 mm sebanyak 2 Butir

4. Drone + Remote 1 Unit

5. Parang 2 buah

6. Tombak 6 buah

7. Sangkur 4 buah

8. Handphone 7 buah

Mihardi
Penulis
-->