Nasional

DPR Terima Laporan Masalah Haji 2024, Mulai dari Rusaknya AC hingga Tenda Melebihi Kapasitas

fin.co.id - 18/06/2024, 11:50 WIB

Pelaksanaan ibadah haji.

fin.co.id- Ketua Tim Pengawas (Timwas) DPR RI Muhaimin Iskandar menyatakan pihaknya menerima berbagai laporan masalah terkait penyelenggaraan haji pada tahun 2024.

Mulai dari AC yang tak berfungsi, tenda melebihi kapasitas dan lainnya. 

"Ada banyak laporan yang masuk, yang pertama matinya AC di mana-mana," ujarnya lewat keterangan tertulis, Selasa 18 Juni 2025.

Selain itu, tenda jemaah haji Indonesia yang melebihi kapasitas. Menurut dia, tenda yang disediakan tidak mampu menampung jumlah jemaah yang ada, dan tidak dilengkapi dengan kasur yang memadai.

Baca Juga

"Overcapacity tendanya, tidak ada kasur. Ini semua harus dikalkulasikan," katanya menegaskan.

Timwas Haji DPR RI juga menemukan adanya penempatan tenda jemaah yang tidak sesuai dengan maktab yang telah ditentukan. Pengawasan masih terus, terutama saat jemaah melaksanakan prosesi melempar jamrah aqabah di Mina.

Sebelumnya, Gus Muhaimin mengungkapkan adanya keterlambatan transportasi bus yang membawa jemaah haji dari pemondokan ke Arafah. Pengantaran jemaah yang dijadwalkan pada pagi hari mengalami keterlambatan hingga siang dan sore hari. Hal ini tentunya mengganggu kenyamanan dan kelancaran ibadah jemaah.

"Beberapa temuan yang diperoleh Timwas akan dievaluasi," katanya.

Timwas Haji DPR berencana membentuk panitia khusus (pansus) untuk mengevaluasi temuan-temuan tersebut dan mencari solusi terbaik untuk meningkatkan kualitas pelayanan haji pada masa mendatang.

Baca Juga

Gus Muhaimin berharap hasil evaluasi tersebut dapat menjadi bahan masukan penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan haji pada masa mendatang demi kenyamanan dan kelancaran ibadah jemaah haji Indonesia. (ant

Afdal Namakule
Penulis
-->