MEGAPOLITAN

Potong Sendiri Hewan Kurban, Anies: Meneruskan Kebiasaan Ayah

fin.co.id - 17/06/2024, 14:36 WIB

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Fajar Ilman/Disway Group

fin.co.id - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merayakan Idul Adha tahun ini dengan memotong sendiri hewan kurbanya di Masjid Babul Khoirot, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin 17 Juni 2024. Hewan kurban berupa sapi jenis limosin seberat hampir satu ton itu disembelih langsung oleh Anies.

"Tadi barusan, saya memang di sini biasa mengerjakannya sendiri. Jadi Alhamdulillah tadi sudah tuntas dan mudah-mudahan apa yang kita niatkan nanti bisa diterima, bisa menjadi manfaat bagi masyarakat banyak," kata Anies usai melakukan pemotongan.

Anies juga menjelaskan, ini bukan kali pertama dirinya memotong hewan kurban sendiri. Tahun sebelumnya juga dia pernah melakukan hal yang sama seperti saat ini.

"Iya, tahun lalu enggak. Karena tahun lalu haji, tapi tahun-tahun sebelumnya saya biasa motong sendiri di sini. Jadi, ini perjalanan masa kami dulu tumbuh besar ya, jadi dulu ayah saya melakukannya," paparnya.

Baca Juga

Hal ini merupakan kebiasaan sang ayah yang diikuti Anies. Dia juga berharap, hal yang sama dapat diikuti oleh sang anak.

"Saya biasanya menemani ikut, dan sekarang ketika kami mendapatkan kesempatan untuk berkurban saya meneruskan kebiasaan itu. Mudah-mudahan anak-anak nanti bisa nerusin, sekarang mereka nonton sekarang," sambungnya.

Anies tidak hanya memberikan hewan kurban di sekitar rumahnya saja. tetapi, kata dia, ada di Yogyakarta dan Kuningan. Bahkan, sambungnya, sapi yang dikurbankannya itu memiliki spesifikasi yang sama.

"Jenisnya sama, ukurannya sama. Ada beberapa tempat lain juga kami bagikan hewan kurban," katanya.

Anies mengaku bersyukur bisa merasakan langsung proses pemotongan hewan kurban. Meski demikian, dirinya bersyukur masih bisa berbagi dengan kebahagiaan dengan masyarakat.

Baca Juga

"Cuma saya cuma bisa motong di satu tempat. Tapi ini ya teman-teman, memotong sendiri, membuat kita semua bagi saya merasakan," katanya.

(Fajar Ilman)

Mihardi
Penulis
-->