Nasional

DPD PDIP Usulkan Anies Baswedan Jadi Cagub Jakarta

fin.co.id - 2024-06-11 18:32:35 WIB

Anies Rasyid aswedan, Gubernur DKI Jakarta 2017-2022

fin.co.id – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan (PDIP) DKI Jakarta telah mengirimkan nama-nama bakal calon gubernur Jakarta ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.

Salah satu nama yang dikirimkan adalah Anies Rasyid Baswedan. Yang mana beliau juga merupakan mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022.

"Sudah disampaikan semua nama-nama yang terjaring termasuk Anies," ujar Sekretaris DPD PDIP Jakarta, Pantas Nainggolan pada Selasa, 11 Juni 2024.

Pantas mengatakan, bahwa surat rekomendasi itu sudah disampaikan ke DPP sebelum Rakernas. Namun, puncak resminya disampaikan secara massal saat Rakernas Partai kemarin.

Baca Juga

"Itu kan masih proses tahap awal, masih akan ada proses tahap berikutnya di DPP," tuturnya.

Lebih lanjut, Pantas menegaskan, bahwa tidak ada satupun partai yang dapat mengusung sendiri untuk Pilkada di DKI Jakarta 2024.

"Nah maka kondisi kondisi seperti itu mau tidak mau kan harus jadi pertimbangan pertimbangan. Jadi tidak bisa juga ngotot-ngototan," jelasnya.

Pantas menambahkan, jika nantinya di DPP pasti juga akan dilakukan proses penjaringan. Tidak langsung diusungkan.

"Mungkin nanti juga dibantu secara ilmiah, sarana prasarana yang ada termasuk juga nanti hasil survei," tambahnya.

Baca Juga

Hasil survei menjadi sangat penting, karena kata Pantas, itu akan menjadi prioritas di samping dinamika kerja sama antar parpol.

Kendati demikian, Pantas meyakini bahwa DPW partai juga memiliki pertimbangan yang luas dan konkrit serta lebih realistis dengan mengusung nama Anies Baswedan.

"Apapun yang diputuskan itu DKI Jakarta yakin bahwa itu yang terbaik. dan hasilnya di atas juga pasti ada komunikasi antar partai partai juga," imbuhnya.

"Karena itu tadi kondisi tidak cukup untuk mengusung. Mau tidak mau kan harus kerjasama, itu juga bisa dipengaruhi oleh figur figur yang diajukan. Misalnya dari kamu gubernur, dari saya wakil gubernur," sambung Pantas.

Meski begitu, Pantas mengungkapkan, segala keputusan terkait akan mengusung siapa dan berkoalisi dengan partai mana, itu diserahkan ke pihak DPP PDIP.

"Kalau kita sih di level DKI komunikasi dengan semua partai. Tetapi kan ini kapasitas karena posisinya sebagai ibu kota, posisi DPP nya kan ada di sini juga. Jadi itu menjadi level nasional juga," tukasnya. (Candra Pratama)

Sigit Nugroho
Penulis