Tangerang

Minat Baca Masyarakat Kabupaten Tangerang Masih Tergolong Rendah

fin.co.id - 2024-06-09 16:47:25 WIB

Pj Bupati Tangerang Andi Ony

FIN.CO.ID -  Berdasarkan data Perpustakaan Nasional minat baca masyarakat Kabupaten Tangerang masih rendah berada di tingkatan 49,93 persen.

Dari angka tersebut wilayah Kabupaten Tangerang masuk kategori Kabupaten dengan indeks pembangunan literasi yang masih rendah.

"Karena itu, perlu ditingkatkan hingga melampaui 50 persen," kata Pj Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono saat mengukuhkan Bunda Literasi Kabupaten Tangerang, dikutip Minggu 9 Juni 2024.

Andi melanjutkan, oleh sebab itu dengan dengan dikukuhkannya Bunda Literasi Kabupaten Tangerang yang terdiri dari ibu-ibu PKK dari 29 kecamatan dan ketua tim penggerak PKK ini bisa meningkatkan minat baca dan literasi.

Baca Juga

"Agar (minat baca) masyarakat Kabupaten Tangerang semakin tinggi," ucapnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tangerang Hj Nurul Hayati mengungkapkan, yang akan dikukuhkan sebagai Bunda Literasi adalah ibu Bupati selaku Bunda Literasi tingkat kabupaten, Ibu Sekretaris Daerah dan ibu camat 29 kecamatan di Kabupaten Tangerang.

"Maksud dan tujuan dari pengukuhan ini adalah untuk lebih meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat dan menumbuhkembangkan kegemaran membaca di kalangan anak-anak, dewasa dan orang tua," jelas Nurul

Menurut dia, nantinya Bunda Literasi ini akan bersinergi dan berkolaborasi bersama pemerintah daerah dan seluruh pihak demi terciptanya visi dan misi Kabupaten Tangerang

"Bunda Literasi nanti di lapangan diharapkan mampu menjadi sosok panutan yang mampu menjadi motivator inspirator katalisator dan influenser dalam aspek minat baca dan kegemaran membaca di kalangan masyarakat," katanya.

Baca Juga

Rikhi Ferdian
Penulis