Kesehatan

Manfaat Sereh untuk Kesehatan: Tanaman Ajaib dengan Segudang Khasiat

fin.co.id - 06/06/2024, 19:20 WIB

FIN.CO.ID - Sereh, atau dikenal juga dengan nama serai, adalah tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan Asia.

Selain memberikan aroma yang segar dan rasa yang khas pada masakan, sereh juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Cymbopogon citratus ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad.

Berikut adalah beberapa manfaat sereh untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga

1. Menyehatkan Pencernaan

Sereh memiliki sifat anti-mikroba yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Sereh dapat meredakan gangguan pencernaan, kembung, dan sembelit. Teh sereh sering digunakan untuk mengurangi perut kembung dan meredakan gejala perut yang tidak nyaman.

Cara Mengonsumsi:

Anda dapat membuat teh sereh dengan merebus batang sereh yang telah dihancurkan dalam air selama beberapa menit. Minum teh sereh ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat pencernaan yang optimal.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Baca Juga

Sereh dikenal memiliki sifat diuretik alami yang membantu tubuh membuang kelebihan garam dan air melalui urine. Dengan demikian, sereh dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Cara Mengonsumsi:

Campurkan sereh dalam minuman Anda atau tambahkan ke dalam sup dan masakan sehari-hari. Minuman sereh segar dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Penelitian menunjukkan bahwa sereh dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Sereh bekerja dengan meningkatkan metabolisme lipid dalam tubuh.

Cara Mengonsumsi:

Brigita
Penulis
-->