Kesehatan

Mengenal Gejala Awal Diabetes: Apa yang Harus Diwaspadai?

fin.co.id - 05/06/2024, 22:05 WIB

Apa Boleh Mengganti Gula Pasir dengan Madu jika Diabetes? Image oleh Monfocus dari Pixabay

FIN.CO.ID - Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang paling umum di dunia, dan jumlah penderita terus meningkat setiap tahunnya.

Mengetahui gejala awal diabetes sangat penting untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan mencegah komplikasi yang lebih serius.

Dalam artikel ini, FIN akan membahas gejala awal diabetes yang perlu diwaspadai serta langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengelola kondisi ini.

Apa Itu Diabetes?

Baca Juga

Diabetes adalah kondisi di mana tubuh tidak dapat menghasilkan atau menggunakan insulin dengan efektif, menyebabkan kadar gula darah (glukosa) menjadi tinggi. Ada dua tipe utama diabetes:

Diabetes Tipe 1: Kondisi autoimun di mana tubuh tidak memproduksi insulin sama sekali.

Diabetes Tipe 2: Kondisi di mana tubuh tidak menggunakan insulin dengan baik atau tidak memproduksi cukup insulin.

Gejala Awal Diabetes yang Harus Diwaspadai

Mengetahui gejala awal diabetes dapat membantu Anda mendapatkan diagnosis dan penanganan lebih dini. Berikut adalah beberapa gejala yang perlu diwaspadai:

Baca Juga

1. Sering Merasa Haus (Polidipsia)

Rasa haus yang berlebihan adalah salah satu gejala awal diabetes. Kadar gula darah yang tinggi menyebabkan tubuh menarik cairan dari jaringan, membuat Anda merasa haus terus-menerus.

2. Sering Buang Air Kecil (Poliuria)

Kadar gula darah yang tinggi memaksa ginjal untuk bekerja lebih keras dalam membuang kelebihan gula, yang menyebabkan Anda sering buang air kecil. Frekuensi buang air kecil yang meningkat terutama di malam hari bisa menjadi tanda diabetes.

3. Rasa Lapar Berlebihan (Polifagia)

Meskipun makan lebih banyak, penderita diabetes sering merasa lapar terus-menerus. Hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk menggunakan glukosa sebagai sumber energi dengan efektif.

Brigita
Penulis
-->