Tangerang

Pj Bupati Tangerang: Pancasila Terbukti Mampu Persatukan Bangsa!

fin.co.id - 01/06/2024, 16:51 WIB

Pj Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono Saat Memimpin Upacara Peringatan Hari Pancasila

FIN.CO.ID -  Penjabat (Pj) Bupati Tangerang, Andi Ony Prihartono mengungkapkan bahwa Pancasila memiliki peran besar dalam menyatukan bangsa Indonesia yang beragam.

Ia berujar, Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya merupakan bintang penuntun kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Pancasila di dalamnya terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman kita adalah berkat yang dirajut dalam identitas nasional 'Bhinneka Tunggal Ika'," ungkap Pj Andi, Sabtu 1 Juni 2024.

Ia pun mengajak seluruh komponen bangsa terus membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan.

Baca Juga

Ditegaskan Andi, Pancasila telah terbukti mampu mempersatukan bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan dan ujian sejarah.

"Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh rakyat Indonesia," tandasnya. 

Perkembangan situasi global dan pesatnya kemajuan teknologi komunikasi menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia.

Andi pun berharap Pancasila bisa menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. 

"Teknologi informasi yang semakin masif harus kita manfaatkan untuk menyebarkan konten-konten positif yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila," ujarnya.

Baca Juga

Ia juga menekankan pentingnya mengarusutamakan Pancasila dengan metode kekinian.

Terutama dalam menyongsong bonus demografi yang akan melibatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

"Dengan semangat Pancasila yang kuat sebagai filter, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia dapat diatasi," tegas dia.

Rikhi Ferdian
Penulis
-->