News

Piala AFF 2024: Menpora Dito Optimistis dengan Timnas Indonesia

fin.co.id - 22/05/2024, 12:34 WIB

Menpora Dito Ariotedjo.

FIN.CO.ID - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menanggapi Hasil undian ASEAN Football Federation (AFF) 2024. Berdasarkan pengundian, Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Laos.

Di Grup B AFF 2024, Vietnam tampil menonjol sebagai lawan Indonesia yang paling tangguh dibandingkan negara pesaing lainnya. Hasil positif Skuad Garuda melawan Vietnam baru-baru ini memberikan secercah harapan dalam usaha mereka mengamankan gelar juara grup.  

BACA JUGA:

Meski demikian, Dito tetap rendah hati dan menahan diri untuk tidak menyombongkan prestasi tersebut. AFF 2024 yang dijadwalkan berlangsung pada 23 November hingga 21 Desember. 

"Ya kita enggak mau memberi preasure, tapi saya yakin dengan kemarin pengalaman di AFC dan menang tidak hanya lawan Vietnam, lawan Korea Selatan pun menang. Saya rasa pemain-pemain kita sudah memiliki pengalaman dan juga cara untuk menghadapi para pemain. Jadi, saya optimistis," kata Dito kepada wartawan di Jakarta, Rabu 22 Mei 2024.

Turnamen yang sangat dinantikan ini menandai tonggak sejarah yang penting karena akan menjadi edisi perdana yang diadakan dengan nama baru ASEAN Championship.

Dito mengungkapkan keprihatinannya terhadap wasit yang ditunjuk AFF, seraya menekankan pentingnya memiliki wasit yang mengutamakan fair play.

Kekhawatiran tersebut bermula dari pengalaman Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia U-23 2024, di mana mereka dihadapkan pada berbagai keputusan buruk yang diambil wasit sehingga membuat mereka dirugikan ketika merah putih melawan timnas Irak di perebutan tempat ketiga dan menghadapi Qatar pada partai perdana babak penyisihan grup. 

"Yang penting nanti bagaimana kemarin (Piala Asia) kan Indonesia udah beberapa kali melalui PSSI kan mengirimkan protes ya terkait dengan wasit," katanya.

BACA JUGA:

(Dimas Rafi)

Mihardi
Penulis
-->