News

Rumput Stadion GBK Rusak Usai Digunakan Konser NCT Dream, Menpora: Juni Sudah Bisa Dipakai Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia

fin.co.id - 21/05/2024, 09:18 WIB

Menpora Dito Ariotedjo

FIN.CO.IDRumput Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) rusak usai digunakan konser group musik K-Pop, NCT Dream asal Korea Selatan (Korsel), Sabtu 18 Mei 2024. Kondisi rumput tersebut juga tampak beredar luas di media sosial (medsos).

Ini merupakan pertama kalinya Na Jaemin dkk menyelenggarakan konser besar di GBK. Kurang lebih 36 ribu penonton NCTzen, panggilan grup K-Pop ini yang hendak menyaksikan penampilan dari NCT Dream.

BACA JUGA:

Terlihat dalam beberapa unggahan vidio serta foto yang beredar, tampak terlihat rumput menjadi rusak akibat pembangunan pangunggung. Pengelola GBK juga sempat menutup rumput itu dengan papan agar tak terinjak-injak. Namun, setelah papan diangkat, rumput malah mengalami kerusakan. 

Hal ini menjadi perhatian khusus bagi para pecinta sepak bola. Pasalnya, Timnas Indonesia akan melanjutkan perjuangannya untuk mengamankan tiket kualifikasi Piala Dunia 2026 yang berhadapan dengan timnas Irak (6 Juni), timnas Filipina (11 Juni). 

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menanggapi perihal keadaan rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026. Menurutnya, pengelola acara akan membawa spesialis untuk melakukan pemeliharaan rumput jelang kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Seminggu sebelum penyelengaraan konser NCT sudah memastikan ke kami bahwa mereka akan melakukan pendampingan GBK dan juga akan memastikan membawa ahli-ahli untuk perawatan rumput dan memastikan rumputnya bisa dipakai dikualifikasi Piala Dunia," kata Dito ketika ditemui di Kantor Kemenpora, Jakarta, Senin 20 Mei 2024.

Dito menambahkan, sebelum perhelatan konser boyband asal Korea Selatan itu, penyelenggara sudah melakukan koordinasi dengan pihaknya agar menjamin kondisi rumput baik saat bertanding. Bahkan, kata dia, sebelum pertandingan rumput itu sudah bagus kembali.

"Terkait dengan SUGBK, seminggu sebelum penyelenggaraan konser NCT dari pihak penyelenggara EO sudah koordinasi dengan kami dan mereka memastikan untuk after use-nya mereka akan memastikan itu (rumput) langsung beres dan Juni sudah bisa dipakai buat pertandingan kualifikasi Piala Dunia," katanya.

Tim asuhan Shin Tae-young hanya membutuhkan 3 point dari dua pertandingan yang tersisa. Sampai detik ini, Asnawi Mangkualam dkk memperoleh tujuh point sementara Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Lebih dulu, merah putih akan menjalani pertandingan uji coba internasional melawan Tanzania, Minggu 2 Juni 2024.

BACA JUGA:

(Dimas Rafi)

Mihardi
Penulis
-->