News

Wakapolda Aceh Jadi Kader Partai Aceh, Kapolri Harus Konsisten Tegakkan Peraturan

fin.co.id - 2024-05-19 18:00:18 WIB

Wakapolda Aceh Brigjen Armia Fahmi mendaftarkan diri sebagai kader Partai Aceh

fin.co.id - Pengamat kepolisian Bambang Rukminto mengkritik langkah Wakapolda Aceh Brigjen Armia Fahmi yang mendaftarkan diri sebagai kader Partai Aceh saat masih berstatus sebagai anggota Polri aktif.

Menurutnya, hal tersebut melanggar Pasal 28 ayat (1) UU Nomor 2 Tahun 2002. Dimana, seorang anggota Polri harus netral dalam berpolitik.

“Terkait larangan anggota Polri berpolitik itu sudah diatur dalam Pasal 28 ayat (1) UU Nomor 2 Tahun 2002 yang menyebutkan bahwa Polri harus bersikap netral dalam politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis,” kata dia, Minggu, 19 Mei 2024.

Padahal, kata Bambang pada bulan Oktober 2023 lalu Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan telegram nomor 2407 terkait dengan larangan bagi personel kepolisian menayangkan konten politik dalam bermedsos. 

BACA JUGA: Ditunjuk Jadi Staf Ahli Ketenagkerjaan Kapolri, Presiden KSPSI Andi Gani Berkantor di Mabes Polri

Oleh karena itu, ia meminta seluruh anggota Polri untuk konsisten mematuhi perundang-undangan.

“Artinya semua personel kepolisian yang menjunjung tinggi hukum juga harus tegak lurus pada perundangan yang ada. Dan institusi Polri juga harus konsisten menegakan peraturan di internalnya,” terangnya.

"Jangan Wakapolda Aceh yang didesak mundur, yang harus didesak itu Kapolri agar konsisten menegakan peraturannya sendiri," ungkapnya.

Sebelumnya, Wakapolda Aceh, Brigjen Pol Armia Fahmi resmi mendaftar sebagai bakal calon bupati (bacabup) Aceh Tamiang ke DPP Partai Aceh (PA) di Banda Aceh pada Kamis, 16 Mei 2024.

Armia mengatakan, saat ini dirinya masih aktif di Polri dan akan pensiun pada Oktober 2024 mendatang. Soal pencalonan dan pensiun, hal itu juga sudah disampaikan Armia ke Mabes Polri.

"Saya, kan, pensiun nanti bulan Oktober. Nanti kita akan menyesuaikan nanti, karena ini masih bakal calon," kata Armia Fahmi usai mengantarkan berkas pendaftaran.

- Anisha Aprilia -

Admin
Penulis