News

Pertalite Dihapus, Siap-Siap Harga Segala Kebutuhan dan Transportasi Naik

fin.co.id - 09/05/2024, 14:14 WIB

Pertalite akan diganti dengan BBN dari Bioetanol harganya Rp14.528 per liter.

FIN.CO.ID - Bahan Bakar Minyak (BBM) Jenis Pertalite sudah tak dijual di beberapa SPBU di wilayah Jakarta. 

Tanda-tanda penghapusan BBM jenis Pertalite sudah mulai terlihat. Untuk itu, masyarakat harus bersiap menghadapi kenaikan segala kebutuhan terkait dihapusnya BBM subsidi Pertalite.

Pengamat transportasi mengatakan sejumlah dampak akan terjadi jika pertalite dihapus.

Pengamat Transportasi Budiyanto mengatakan bahwa jika BBM baru pengganti pertalite mendapat subsidi, maka tidak akan berpengaruh ke angkutan umum.

"Kecuali mungkin angkutan umum eksekutif ya, dimana harga tiket diserahkan ke pasar," katanya mantan Kasubdit bin Gakkum Polda Metro Jaya ini saat dihubungi Kamis, 9 April 2024.

Ia juga menyarankan, agar nantinya terkait harga tiket bus kelas ekonomi agar bisa ditentukan atau dikontrol pemerintah.

BACA JUGA:

"Ini bisa jadi solusi ya, agar masyarakat tidak terbebani," imbuhnya.

Terkait harga, Budiyanto menyarankan agar harga BBM bioetanol harus kompetitif dibanding harga BBM jenis lain.

"Harga harus ekonomis di atas harga pertalite dan di bawah harga pertamax. Pemerintah harus menghitung dengan teliti dan menentukan harga yang kompetitif sehingga tidak memberatkan konsumen," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Pertalite akan diganti ke bioetanol yang diklaim lebih baik dan rendah polusi.

Adapun harga BBM Bioetanol sudah ditetapkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Bulan Mei 2024 sebesar Rp14.528 per liter.

Seperti diketahui, harga BBM pertalite saat ini yakni Rp10.000 per liter.(sabrina hutajulu)

 

Gatot Wahyu
Penulis
-->