Kesehatan

Cara Membantu Orang yang Butuh Dukungan di Sosmed: Jadilah Teman Online yang Peduli

fin.co.id - 04/05/2024, 08:41 WIB

Cara Membantu Orang yang Butuh Dukungan di Sosmed, Ilustrasi: Copilot (AI)

FIN.CO.ID - Di era digital ini, media sosial bukan hanya tempat untuk berbagi momen bahagia, tapi juga ruang untuk mengungkapkan perasaan dan mencari dukungan. 

Salah satu fenomena yang sering dijumpai adalah unggahan seseorang yang sedang sedih, bahkan menangis di sosmed.

Sebagai pengguna media sosial, kita mungkin bertanya-tanya, apa yang bisa dilakukan untuk membantu mereka? 

Yuk, simak beberapa tips berikut:

1. Tawarkan Bantuan dengan Ramah dan Tulus

Langkah pertama adalah dengan mengirimkan pesan pribadi kepada orang tersebut. Tanyakan dengan sopan apa yang terjadi dan tawarkan bantuanmu. Hindari berkomentar langsung di postingan mereka, karena hal ini bisa memperparah situasi. Gunakan kalimat yang ramah dan tunjukkan bahwa kamu peduli dengan mereka.

2. Dengarkan dengan Penuh Perhatian dan Empati

Jika orang tersebut merespon pesanmu, dengarkan dengan penuh perhatian dan jangan menghakimi. Berikan dukungan emosional dan tunjukkan bahwa kamu peduli dengan perasaan mereka. Biarkan mereka bercerita tanpa dipotong dan tunjukkan empati dengan kalimat seperti "Aku mengerti kamu sedang merasa sedih" atau "Aku di sini untuk mendengarkanmu."

3. Arahkan ke Bantuan Profesional Jika Diperlukan

Jika kamu merasa situasinya serius dan orang tersebut menunjukkan tanda-tanda depresi atau ingin menyakiti diri sendiri, segeralah arahkan mereka untuk mencari bantuan profesional. Kamu bisa merekomendasikan psikolog, layanan kesehatan mental online, atau hotline yang bisa mereka hubungi.

4. Jaga Privasi dan Hindari Membagikan Informasi Pribadi

Hormati privasi mereka dan jangan menyebarkan informasi pribadi atau detail cerita mereka di media sosial. Hindari membagikan unggahan mereka tanpa seizin mereka. Bantu mereka menjaga privasi dan lindungi mereka dari komentar negatif atau bullying online.

5. Berikan Dukungan Secara Online

Jika kamu tidak nyaman dengan komunikasi pribadi, kamu bisa memberikan dukungan secara online. Like dan komentari postingan mereka dengan pesan positif dan penyemangat. Kamu juga bisa membagikan informasi tentang kesehatan mental, tips mengatasi depresi, dan layanan dukungan yang tersedia.

6. Hindari Memberikan Nasihat yang Menghakimi

Makruf
Penulis
-->