Otomotif

Toyota Fortuner 2.8 Mild Hybrid Resmi Diluncurkan, Cek Spek Lengkapnya dan Dibanderol Harga Segini

fin.co.id - 23/04/2024, 16:45 WIB

Toyota Fortuner 2.8 Mild Hybrid Resmi Diluncurkan di Pasar Afrika Selatan, Berikut Spek Lengkapnya, Dibanderol dengan Harga Segini

FIN.CO.ID - Toyota Fortuner 2.8 Mild Hybrid Electric Vehicle (MHEV) resmi diluncurkan di Afrika Selatan pada Maret 2024.

SUV dengan sasis berjenjang, Toyota Fortuner 2.8 MHEV ini ditenagai mesin diesel 2.800 cc turbocharged dengan tambahan teknologi 48V Mild hybrid.

Dengan penambahan tenaga tersebut, mobil ini akan lebih hemat bahan bakar 5% dibandingkan model konvensional.

Generator kendaraan ini digerakkan dengan sistem sabuk oleh mesin diesel berkekuatan 201 tenaga kuda, yang kemudian akan disalurkan ke baterai lithium 48V Selain itu juga akan ditenagai oleh tenaga listrik melalui pengereman regeneratif.

BACA JUGA:

Baterai 48V saat mencapai level daya maksimal akan menghasilkan tambahan tenaga  sebesar 16 hp dan torsi 65 Nm  saat mobil berakselerasi.

Baterai lithium-ion 48V seberat 7,6 kg dipasang di bawah jok belakang untuk meminimalkan dampak terhadap ruang kabin.

Toyota Fortuner Mild Hybrid 48V memiliki dimensi panjang 1.835 mm, lebar 4.795 mm, tinggi 1.855 mm, dan jarak sumbu roda 2.745 mm.

Radius putar mencapai 5,8 meter,  kapasitas muat hingga 750 kg.

BACA JUGA:

Kapasitas tangki bahan bakarnya  80 liter.

SUV baru  ini juga dilengkapi dengan Multi-Terrain Select yang akan membantu pengemudi dengan mudah mengatur penggunaan pergerakan roda (4x4) bila diperlukan di berbagai kondisi medan berbeda.

Menariknya,  baterai 48 volt ini  tahan  air  bahkan mampu menembus genangan air sedalam 700mm.

Sejumlah fitur standar juga turut ditambahkan pada mobil ini untuk konsumen Afrika Selatan, seperti penambahan lampu LED, velg berukuran 18 inci, serta jok  kulit sintetis.

Sementara itu, kabinnya memiliki sistem pendingin AC dual-zone, cruise control, dan head unit layar sentuh yang dapat terhubung ke Android Auto dan Apple CarPlay.

Noerma Puspita
Penulis