Kesehatan

Penyebab Sendawa Terasa Pahit, Bisa Jadi Terkena Penyakit Berikut Ini

fin.co.id - 19/04/2024, 21:13 WIB

Penyebab Sendawa Terasa Pahit, Bisa Jadi Terkena Penyakit Berikut Ini

Penyebab Sendawa Terasa Pahit, Bisa Jadi Terkena Penyakit Berikut Ini

FIN.CO.ID - Sendawa adalah respons alami tubuh untuk melepaskan udara yang terperangkap di dalam perut. Namun, terkadang sendawa bisa terasa tidak biasa, bahkan pahit. Apa sebenarnya yang menyebabkan hal ini?

Terkadang, sendawa pahit bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan yang perlu diperhatikan. Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah adanya asam lambung yang naik ke kerongkongan.

Saat asam lambung naik, bisa menyebabkan sensasi pahit atau asam di mulut, bahkan sampai menyebabkan sendawa yang pahit.

Penyebab lainnya mungkin terkait dengan makanan atau minuman yang dikonsumsi. Misalnya, makanan pedas, berlemak, atau bersantan bisa memicu produksi asam lambung yang berlebihan.

BACA JUGA:

Begitu pula dengan minuman berkafein, minuman beralkohol, atau minuman bersoda. Konsumsi makanan atau minuman ini dalam jumlah besar atau dalam kombinasi tertentu bisa menyebabkan sendawa yang pahit.

Selain itu, penyebab sendawa pahit juga bisa berkaitan dengan gangguan pada saluran pencernaan, seperti penyakit refluks gastroesofageal (GERD), gastritis, atau tukak lambung. Pada kondisi-kondisi ini, asam lambung bisa naik ke kerongkongan dan menyebabkan sensasi pahit atau asam.

Namun, tidak selalu sendawa pahit menjadi pertanda masalah kesehatan yang serius. Terkadang, hal ini bisa disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu atau kondisi sementara.

Contohnya, seperti kelebihan udara yang tertelan saat makan atau minum. Dalam kasus ini, sendawa pahit biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa waktu.

BACA JUGA:

Meski begitu, jika sendawa pahit terjadi secara terus-menerus atau disertai dengan gejala lain yang mengganggu, seperti nyeri perut, mulas, atau gangguan pencernaan lainnya, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Dokter dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebabnya dan memberikan penanganan yang sesuai.

Dengan memahami penyebab sendawa yang terasa pahit, diharapkan kita bisa lebih waspada terhadap kondisi kesehatan tubuh kita.

Brigita
Penulis
-->