Simak Tips Makan Sahur Penderita Asam Lambung

Simak Tips Makan Sahur Penderita Asam Lambung

Penderita asam lambung diketahui mengonsumsi makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari agar tidak kambuh lagi. Foto Pixabay--

FIN.CO.ID - Penderita asam lambung diketahui mengonsumsi makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari agar tidak kambuh lagi.

Di bawah ini beberapa tips mengonsumsi sahur bagi orang yang sedang berpuasa karena asam lambung.

Oleh karena itu, bagi penderita asam lambung sebaiknya mengetahui beberapa tips yang bisa dilakukan saat sahur untuk memberikan energi selama puasa Ramadhan.

Pertama, penderita sebaiknya tidak makan berlebihan karena dapat menyebabkan gas, kembung, dan rasa tidak nyaman di perut.

BACA JUGA:

Kedua, hindari makanan  berlemak karena  cenderung mengiritasi saluran cerna.

Saat makan sahur, kunyahlah hingga matang untuk melindungi kerongkongan dan lapisan lambung dari asam lambung.

Setelah sahur, jangan langsung tidur  atau langsung berbaring saja, karena bisa menyebabkan asam lambung meningkat dan rasa tidak nyaman pada lambung.

Selain itu, ada beberapa makanan seperti jahe yang disebut-sebut bisa meredakan gejala asam lambung.

BACA JUGA:

Jahe dikenal memiliki sifat anti inflamasi yang sangat baik sehingga dianjurkan dikonsumsi oleh penderita asam lambung dan masalah pencernaan lainnya.

Lalu ada brokoli, asparagus, kembang kol, mentimun, dan sayuran hijau lainnya. Makanan yang tahan terhadap asam lambung. Anda juga bisa makan pisang, yang mengandung sedikit atau tanpa asam.

Ada juga putih telur tanpa kuning telur yang katanya ampuh mengatasi gejala asam lambung.

Berikutnya adalah yogurt yang mengalami proses inflamasi sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

BACA JUGA:

Untuk mencegah asam lambung saat berpuasa kurang lebih 12 jam sehari,  hindari makanan yang dapat menyebabkan peningkatan asam lambung.

Makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari oleh penderita masalah asam lambung saat berpuasa antara lain gorengan dan makanan  berlemak.

Dan jika ingin terhindar dari peningkatan asam lambung, sebaiknya hindari juga saus tomat, alkohol, coklat, mint, bawang putih, dan kafein.

Saat berbuka puasa, makanlah dalam porsi kecil namun  sering. Selain itu, hindari tidur setelah makan dan istirahat minimal 3 jam  untuk mencegah asam lambung naik.

BACA JUGA:

Banyak orang mungkin masih takut maag akan mengganggu puasanya. Namun  puasa tentu bisa dilakukan dan juga bisa digunakan sebagai sarana detoksifikasi jika Anda menjaga pola makan secara teratur.

Namun kerusakan pada lambung  dapat memperburuk gejala tukak kronis.

Oleh karena itu, puasa tidak wajib. Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun ada alasan seperti itu, mereka yang tidak dapat menjalankan puasa Ramadhan  harus menggantinya.

Jika karena suatu hal tidak dapat berpuasa pada bulan Ramadhan, maka wajib membayar fidiya.

BACA JUGA:

Adapun ketentuan sebagai dalil melandasi kewajiban membayar fidyah dan qadha’ puasa Ramadhan ditetapkan dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 184, yang artinya:

“(Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan Kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui,”( QS Al-Baqarah:184).

Demikian penjelasan tadi berkaitan dengan tips makan sahur untuk penderita asam lambung yang berpuasa. Semoga bermanfaat. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Lovvi Malino

Tentang Penulis

Sumber: