Kesehatan

Leher Terasa Pegal saat Bangun Pagi? Bisa Jadi Terkena Gejala Penyakit Berikut Ini

fin.co.id - 06/04/2024, 21:57 WIB

eher Sering Terasa Pegal Saat Bangun Pagi? Bisa Jadi Terkena Gejala Penyakit Berikut Ini

FIN.CO.ID - Pagi-pagi bangun tidur seringkali menjadi momen menyegarkan bagi sebagian orang, tetapi bagi yang sering merasa leher pegal, itu bisa menjadi momen yang kurang menyenangkan.

Pegal pada leher saat bangun pagi bisa menjadi tanda dari beberapa kondisi kesehatan yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah masalah postur tidur yang buruk.

Penyebab sakit leher dan cara mengatasinya--freepik.com

Posisi tidur yang tidak tepat dapat menyebabkan tekanan berlebih pada leher, sehingga menyebabkan rasa kaku dan pegal saat bangun tidur.

Selain itu, kebiasaan buruk seperti tidur dengan bantal yang terlalu tinggi atau terlalu rendah juga dapat mempengaruhi postur tidur dan menyebabkan ketegangan pada leher.

BACA JUGA :

Selain itu, pegal pada leher juga bisa menjadi gejala dari kondisi medis tertentu seperti osteoarthritis atau radang sendi, terutama pada tulang belakang leher.

Osteoarthritis adalah kondisi yang menyebabkan kerusakan pada tulang rawan dan tulang di leher, yang dapat menyebabkan nyeri dan kekakuan.

Radang sendi juga dapat menyebabkan gejala yang serupa, di mana peradangan pada sendi leher dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Selain itu, kondisi lain seperti cedera otot atau jaringan lunak di leher juga bisa menjadi penyebab leher pegal saat bangun pagi.

BACA JUGA:

Cedera tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti aktivitas fisik yang berlebihan atau posisi tidur yang tidak nyaman.

Terkadang, gangguan tidur seperti sleep apnea juga dapat menyebabkan leher pegal karena gangguan pernapasan yang terjadi selama tidur dapat mempengaruhi kualitas istirahat dan menyebabkan ketegangan otot di leher.

Sakit Leher, Image oleh oleh Barbora Hnyková dari Pixabay--

Penting untuk diingat bahwa jika Anda mengalami pegal pada leher secara teratur saat bangun pagi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan penyebab yang mendasarinya dan mendapatkan perawatan yang tepat.

Brigita
Penulis
-->