Kesehatan

Obat Sakit Tenggorokan Alami, Bantu Redakan Batuk yang Mengganggu

fin.co.id - 04/04/2024, 03:25 WIB

Obat Sakit Tenggorokan Alami, Bantu Redakan Batuk yang Mengganggu

Obat Sakit Tenggorokan Alami, Bantu Redakan Batuk yang Mengganggu

FIN.CO.ID -  Penyakit tenggorokan gatal atau sakit menjadi masalah yang sering sekali dialami oleh banyak orang dan sering membuat tidak nyaman.

Sakit tenggorokan adalah rasa nyeri, gatal dan tidak nyaman pada tenggorokan. Kondisi ini biasanya timbul akibat beragam gangguan dalam tubuh.

ilustrasi radang tenggorokan --pixabay

Gangguan ini bisa penyakit atau infeksi virus. Sakit tenggorokan biasanya akan lebih parah saat menelan atau batuk sehingga terasa semakin nyeri atau sakit.

Berikut ini adalah minuman alami yang bisa digunakan sebagai obat pereda sakit tenggorokan:

BACA JUGA:

1. Air Putih

Dehidrasi atau kekurangan air adalah salah satu penyebab tenggorokan kering dan gatal. Oleh karena itu air putih dengan jumlah yang cukup yaitu 2 liter atau 8 gelas per hari sangat direkomendasikan.

2. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi tenggorokan gatal dan batuk yang disebabkan oleh bakteri atau virus yang menyerang.

Tambahkan 1,5 sendok teh garam ke dalam 240 ml air hangat kemudian berkumur dengan air tersebut namun jangan sampai menelan air garam tersebut.

3. Air Jahe

Jahe dapat menghangatkan tubuh dan dipercaya dapat mengatasi gatal tenggorokan yang menganggu kegiatan sehari-hari dan membuat tidak nyaman.

BACA JUGA:

Meminum air jahe ini bisa dilakukan 2-3 kali dalam sehari sampai sakit tenggorokan dirasa sudah membaik. Air jahe juga bisa ditambahkan dengan madu.

Brigita
Penulis
-->