Kesehatan

Tips Diet Aman Ketika Puasa, Wujudkan Body Idaman Saat Lebaran

fin.co.id - 03/04/2024, 03:03 WIB

Tips Diet Aman Ketika Puasa, Wujudkan Body Idaman Saat Lebaran Nanti

FIN.CO.ID -  Diet untuk menurunkan berat badan harus tetap memakai metode yang baik dan benar agar tetap aman untuk tubuh dan kesehatan badan.

Terutama apabila melaksanakan diet pada saat puasa. Berpuasa seringkali dianggap sebagai kesempatan yang baik untuk menurunkan berat badan.

Menu Diet Seminggu untuk Pemula, Pakai Bahan yang Sederhana dan Enak--Google Photos

Saat melakukan puasa, tubuh akan mengalami perubahan metabolisme. Sehingga untuk beberapa waktu, puasa tubuh memasuki periode ketosis yaitu keadaan dimana lemak digunakan sebagai sumber energi.

Periode ini dapat dijadikan peluang yang baik untuk diet dan menurunkan berat badan, berikut tips menurunkan berat badan saat berpuasa di bulan Ramadhan:

BACA JUGA:

1. Pilih Jenis Makanan Yang Seimbang

Untuk menu makanan sahur dan buka, harus memilih makanan yang seimbang sehingga tidak terlalu banyak lemak jahat yang masuk ke tubuh kita.

2. Kurangi Porsi Makan

Meskipun saat berpuasa otomatis akan membuat badan mengurangi porsi makan, namun pada saat sahur dan buka juga bisa dikurangi porsi makan agar tidak terlalu banyak.

Ilustrasi - Tips Diet Turunkan Berat Badan saat puasa--(indonesiare)

3. Hindari Konsumsi Teh dan Kopi Saat Sahur

Mengonsumsi kopi dan teh pada sahur memberikan kafein pada tubuh dan kandungan ini bersifat diuretik sehingga bisa membuat tubuh kehilangan air lebih cepat.

4. Pilih Makanan Berserat Tinggi

Ketika sahur atau buka, bisa memilih menu makanan yang memiliki serat lebih tinggi yang bisa menyedikan energi yang lebih banyak karena mengandung karbohidrat kompleks dan berserat tinggi.

Brigita
Penulis
-->