Kesehatan

Harus Jadi Perhatian! Bahaya Tersembunyi di Balik Asap Rokok Kretek

fin.co.id - 01/04/2024, 02:35 WIB

Bahaya Tersembunyi di Balik Asap Rokok Kretek

FIN.CO.ID - Memilih jalan sehat adalah langkah yang penting untuk menjamin kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup. Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan adalah memutuskan dari merokok, termasuk rokok kretek.

Merokok dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit mematikan seperti kanker paru, kanker mulut, kanker esophagus, kanker kandung kemih, kanker leher rahim, dan kanker pancreas. Pilih jalan sehat yang lebih baik dapat dilakukan dengan beberapa langkah:

Berikut 4 Bahaya di Balik Asap Rokok Kretek:

1. Kandungan Tar dan Nikotin Tinggi

Rokok kretek mengandung tar dan nikotin yang lebih tinggi dibandingkan rokok putih. Tar dan nikotin merupakan zat berbahaya yang dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker paru-paru, jantung koroner, dan stroke.

2. Penyakit Paru-Paru

 Merokok kretek meningkatkan risiko penyakit paru-paru seperti bronkitis kronis, emfisema, dan kanker paru-paru.

3. Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Nikotin dalam rokok kretek meningkatkan tekanan darah, detak jantung, dan risiko pembekuan darah. Hal ini dapat menyebabkan penyakit jantung koroner, stroke, dan penyakit arteri perifer.

4. Kanker dan Gangguan Kesehatan Lainnya

Merokok kretek meningkatkan risiko berbagai jenis kanker, termasuk kanker mulut, tenggorokan, laring, dan pankreas. Selain itu, merokok kretek juga dapat menyebabkan osteoporosis, katarak, dan gangguan kesuburan.

BACA JUGA:

Memilih Jalan Sehat:

Memilih untuk berhenti merokok kretek adalah langkah awal menuju hidup yang lebih sehat dan bebas dari risiko penyakit mematikan.

Berikut beberapa tips untuk membantu Anda berhenti merokok kretek:

Mega Oktaviana
Penulis
-->