Kesehatan

Tangan Sering Terasa Kebas dan Kesemutan? Kenali Penyebabnya di Sini

fin.co.id - 30/03/2024, 23:01 WIB

Tangan Sering Terasa Kebas dan Kesemutan? Kenali Penyebabnya di Sini

FIN.CO.ID -  Berikut ini adalah penyebab dari tangan menjadi kesemutan yang tidak boleh disepelekan dan harus diperhatikan.

Kesemutan adalah sensasi mati rasa, kebas, atau seperti jarum-jarum yang menusuk yang seringkali muncul di tangan.

Beberapa Penyebab Tangan Kesemutan yang Tidak Boleh Dianggap Remeh--(KlikDokter)

Mungkin tangan kesemutan pernah Anda alami ketika baru bangun tidur atau setelah duduk dalam posisi tertentu dalam waktu yang lama.

Sensasi kesemutan pada tangan ataupun bagian tubuh lain mungkin terasa tidak nyaman, namun biasanya sementara dan tidak berbahaya.

BACA JUGA:

Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya apa penyebab dari tangan kesemutan tersebut? Berikut ini adalah penyebab umum tangan kesemutan yang menarik untuk dipahami.

Penyebab Umum Tangan Kesemutan

1. Posisi Tertentu

Posisi tubuh yang menekan saraf di tangan dapat menyebabkan kesemutan. Misalnya, ketika Anda tidur dengan lengan tertekuk di bawah kepala atau duduk dengan kaki bersila terlalu lama.

Hal ini dapat menyebabkan penekanan pada saraf, menghambat aliran darah, dan juga dapat menyebabkan kesemutan bersifat sementara.

2. Gangguan Cervical

Masalah di leher atau tulang belakang leher dapat menyebabkan kesemutan di tangan. Cidera atau hernia di leher dapat mengganggu saraf yang menuju ke tangan, menyebabkan sensasi kesemutan dan mati rasa.

BACA JUGA:

3. Diabetes

Diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada saraf (neuropati) yang sering kali menyebabkan kesemutan di tangan dan kaki. Pengendalian gula darah yang buruk pada penderita diabetes dapat memperburuk gejala ini.

4. Kurangnya Vitamin B12

Defisiensi vitamin B12 dapat menyebabkan neuropati perifer, yang dapat menyebabkan kesemutan di tangan dan kaki. Pastikan asupan nutrisi Anda mencukupi untuk mencegah defisiensi ini.

Gejala tangan kesemutan, waspada kemungkinan penyakit berat sedang mengintai--

5. Cedera atau Trauma

Cedera fisik pada tangan atau lengan, seperti patah tulang atau tekanan berulang pada saraf juga dapat menjadi salah satu penyebab kesemutan.

Brigita
Penulis
-->