Otomotif

5 Komponen Motor Matic yang Wajib Diganti Secara Berkala, Jangan Abaikan!

fin.co.id - 2024-03-29 14:10:00 WIB

Servis motor matic. Sumber foto: google

FIN.CO.ID-    Motor matic menjadi pilihan banyak orang karena kepraktisannya. Namun, seperti halnya kendaraan lain, motor matic juga memerlukan perawatan rutin agar performanya tetap optimal. 

Motor matic harus rutin servis secara berkala, sebab suku cadang atau komponen yang sudahtidak berfungsi baik dapat menggangu performa motor.

Jika kalain abaikan bisa menyebabkan kerusakan motor dan membahayakan Anda ketika berkendara di jalan.

Penasaran komponen apa saja yang wajib diganti secara berkala? Simak informasinya berikut ini.

1. Kampas rem

Komponen penting yang wajib diganti berkala adalah kampas rem. Jika kampas rem menipis dan aus karena sudah lama digunakan, itu tanda kalau kamu harus ganti kampas rem.

Kampas rem biasanya diganti kalau indikator yang ada di dalam mekanisme rem sudah aus. Estimasinya 20 ribu, bisa tergantung dengan pemakaian juga.

Karena berhubungan dengan keselamatan, kampas rem harus rajin diganti.

2. Oli

Sebagai pengguna sepeda motor, kegiatan satu ini pasti sudah gak asing lagi. Ya, mengganti oli motor secara rutin. Oli motor adalah komponen penting bagi motor matic yaitu sebagai pelumas di mesin. Idealnya, ganti oli dilakukan setiap satu atau dua bulan, tergantung pemakaian motor. Dengan begitu performa dan akselerasi motor terjaga dengan baik.

BACA JUGA:

3. Aki

Komponen motor matic yang wajib diganti secara berkala selanjutnya adalah aki. Aki memiliki fungsi untuk menggerakan sistem kelistrikan di motor. Jika motor mu menggunakan aki basah, pemeriksaan secara rutin harus dilakukan. Tapi kalau sudah aki kering kamu hanya perlu menggantinya satu atau dua tahun sekali.

4. Ban

Ban harus diganti berkala kalau sudah digunakan dalam waktu yang lama. Untuk memeriksa keausan ban, bisa dilihat dari kondisi alur ban. Hal ini wajib diperhatikan karena berkaitan dengan keselamatan.

Admin
Penulis