Otomotif

Tips Bersihkan Jok Mobil Sesuai Bahan, Nomor 3 Pakai Cara Khusus

fin.co.id - 26/03/2024, 05:05 WIB

Membersihkan jok mobil. Sumber foto: google

FIN.CO.ID - Pastinya kamu risih jika menemukan noda membandel yang menempel pada jok mobil. Sebab selain merusak estetika, bisa juga menyebabkan masalah kesehatan seperti bersin-bersin.

Nah, berikut ini cara membersihkan jok mobil sesuai bahannya.

1. Jok mobil berbahan kulit

Merawat jok mobil berbahan kulit sangat simpel, lho. Kamu cukup rutin membersihkannya menggunakan kain microfiber saja. Sebab kain ini dikenal memiliki daya serap tinggi dan sangat lembut, sehingga kotoran dapat terangkat, kulit jok mobil pun gak gampang rusak.

Apabila kamu menemukan noda membandel yang sulit dibersihkan, sebaiknya jok mobil diberi cairan pembersih khusus seperti kondisioner terlebih dahulu. Hal ini untuk menjaga kelembaban jok mobil berbahan kulit.

Setelah itu, mengelapnya dengan kain microfiber agar hasil lebih maksimal. Ingat, membersihkan jok mobil kulit di tempat yang teduh atau bebas matahari.

Perawatan menggunakan microfiber dilakukan dua bulan sekali. Sementara dengan kondisioner lakukanlah setiap tiga bulan sekali.

BACA JUGA:

2. Jok mobil berbahan kulit sintetis

Banyak pemilik mobil yang menggunakan bahan sintetis untuk jok. Kamu bisa membersihkan jok sintetis dengan cairan pembersih khusus, sampo, atau pembersih kaca. Jangan sekali-kali menggunakan deterjen atau alkohol, meski keduanya ampuh membasmi kotoran dan bakteri. Hal ini dilakukan agar jok mobil tidak mudah pecah-pecah.

Sama seperti jok kulit, bersihkanlah jok sintetis di tempat yang teduh. Jangan lupa mengelapnya dengan kain microfiber dan lakukanlah minimal sebulan dua kali.

3. Jok mobil berbahan suede

Biasanya mobil berkelas premium seperti super car dan sport car menggunakan jok berbahan suede. Wajar, kualitas dan tampilannya mampu menyulap interior terkesan mewah.

Namun cara merawat dan membersihkan jok mobil berbahan suede agak ribet. Kamu bisa menggunakan vaccum cleaner atau cairan pembersih khusus seperti suede erader, suede plus, atau rubber khusus.

Apabila menggunakan cairan khusus, sikatlah jok secara halus dan sehati-hati mungkin. Usahakan menyikatnya dengan gerakan satu arah agar lapisan suede tidak sobek.

4. Jok mobil berbahan vinyl

Salah satu alasan banyak mobil yang menggunakan sarung jok berbahan vinyl karena membersihkannya terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu menyemprotkan cairan pembersih kaca dan mengelapnya dengan kain lap.

Selain itu, bisa juga memanfaatkan campuran baking soda dan air sebagai pembersih jok ini. Kalau kamu menemukan noda, maka sikatlah noda tepat di atasnya. Mudah bukan?

5. Jok mobil berbahan fabric

Jok mobil berbahan fabric sangat rentan terkena noda. Sebab pada bahan ini terdapat struktur serat atau jahitan anyaman yang saling mengikat. Sehingga kamu membutuhkan pembersih khusus, lalu sikatlah dan lap noda sampai bersih.

Eko Nugros
Penulis
-->