Kesehatan

Sering Mengantuk di Siang Hari Bisa Jadi Terkena Penyakit Ini, Jangan Disepelekan!

fin.co.id - 20/03/2024, 08:57 WIB

Sering Mengantuk di Siang Hari Bisa Jadi Terkena Penyakit Ini, Jangan Disepelekan!

FIN.CO.ID - Sering mengantuk pada siang hari bisa menjadi salah satu indikator terkena penyakit berikut ini terutama setelah makan siang atau saat sedang bekerja.

Sering merasa mengantuk di siang hari adalah masalah umum yang banyak orang alami. Penyebab utama dari kantuk siang hari bisa bervariasi.

Hal ini bisa terjadi mulai dari kurang tidur di malam hari, pola tidur yang tidak teratur, konsumsi makanan atau minuman yang membuat ngantuk, hingga gaya hidup yang kurang sehat.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan sering mengantuk pada saat siang hari dan menggangu aktifitas:

BACA JUGA:

1. Sleep Apnea

Salah satu penyebab mengantuk di siang hari adalah sleep apnea, kondisi di mana saluran napas terhalang selama tidur, menyebabkan gangguan dalam pola tidur.

Sering Mengantuk di Siang Hari? Bisa Jadi Kamu Terkena Penyakit Ini--Google Photos

Hal ini seringkali mengakibatkan terbangunnya tubuh secara tiba-tiba di malam hari. Hal ini membuat seseorang merasa mengantuk dan tidak bertenaga di siang hari.

2. Anemia

Kekurangan zat besi atau anemia juga bisa menjadi penyebab mengantuk di siang hari. Kondisi ini mengganggu suplai oksigen ke seluruh tubuh, yang mengakibatkan kelelahan dan mengantuk yang berlebihan.

3. Diabetes

Tingkat gula darah yang tidak stabil pada penderita diabetes bisa menyebabkan mengantuk di siang hari. Pasokan energi yang tidak konsisten dapat membuat seseorang merasa ngantuk secara tiba-tiba.

BACA JUGA:

4. Gangguan Tiroid

Brigita
Penulis
-->