Kesehatan

Tips Aman Agar Gerd Gak Kambuh saat Puasa

fin.co.id - 19/03/2024, 19:43 WIB

Penyakit Gerd atau asam lambung naik, timbulkan rasa nyeri di dada terasa terbakar

FIN.CO.ID - Menjalankan ibadah puasa Ramadan bukan suatu sebuah hal yang berat. Tetapi sulit bagi mereka yang punya masalah pencernaan. Seperti Asam Lambung atau gerd.

Bagi orang  yang mengidap Asam Lambung atau gerd, puasa merupakan sesuatu yang menghawatirkan. 

Banyak sekali faktor yang menyebabkan timbulnya asam lambung. Salah satunya, dari makanan yang dikonsumsi ketika sedang berpuasa. 

Dikutip dari Halodoc ada beberapa tips untuk kamu yang mengidap asam lambung agar tetap aman berpuasa. Apa saja? 

BACA JUGA:

1. Asupan makanan saat sahur dan berbuka

Asam lambung akan mudah naik jika Anda makan makanan yang pedas, asam, berlemak seperti gorengan, santan, cokelat, minuman bersoda, dan kopi. Maka Anda harus menghindari makan makanan tersebut ketika sahur dan berbuka.

Utamakan makan lauk dengan sayuran hijau seperti brokoli, kacang hijau, seledri, kol, atau bayam untuk menjaga kesehatan lambung. Beberapa jenis sayuran tersebut rendah kandungan asam, sehingga mampu meredakan kondisi refluks di perut. 

Selain itu, Anda bisa konsumsi minuman jahe hangat terlebih dahulu. Minuman ini memiliki sifat antiradang untuk mengatasi masalah asam lambung dan pencernaan lainnya.

2. Perhatikan porsi makan

Tip untuk menghindari asam lambung salah satunya Anda harus memperhatikan porsi makanan yang dimakan. Ketika Anda mengonsumsi  dalam porsi besar maka dapat membebani kerja organ pencernaan.

3. Kunyah makanan secara perlahan

Kebiasaan makan terlalu cepat dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Sebaiknya makanlah secara perlahan dan mengunyah makanan selembut mungkin supaya lebih mudah dicerna. 

Kebiasaan ini membantu enzim pencernaan mengolah dan mencerna makanan dengan lebih mudah. Sehingga mengurangi risiko asam lambung naik atau memperburuk gejala GERD.

4. Hindari terlalu banyak minum 

Keseringan meminum air putih saat sahur dan berbuka juga akan menyebabkan perut menjadi kembung dan makanan sulit di cerna. Cobalah untuk memberi jeda setelah makan sahur atau berbuka untuk minum air. 

5. Jangan langsung tidur setelah Sahur atau Buka

Hindari untuk langsung tidur setelah sahur ataupun berbuka. Karena, kebiasaan ini akan memicu refluks asam lambung naik ke kerongkongan bersamaan.

BACA JUGA:

 

Rizal Husen
Penulis
-->