News

BBMKG Minta Warga Waspadai Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir di Sumut

fin.co.id - 18/03/2024, 13:00 WIB

Wilayah di Indonesia berpotensi hujan lebat

FIN.CO.ID - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah 2 Medan meminta warga agar mewaspadai potensi hujan lebat dan angin kencang disertai petir. Bahkan, cuaca itu berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Sumatera Utara (Sumut).

Prakirawan BBMKG Wilayah 2 Medan Utami Al Khairiyah mengatakan, beberapa hari ke depan sejumlah wilayah di Sumut berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

BACA JUGA:

"Hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah pegunungan hingga lereng barat dan pantai barat Sumut yang dapat menyebabkan banjir, longsor, dan bencana hidrometeorologi lainnya," kata Utami di Medan, Senin 18 Maret 2024.

Menurut dia, secara umum cuaca pada pagi hari dalam dua hari ke depan di Sumut rata-rata cerah berawan. Siang dan sore hari cerah dan berpotensi hujan ringan hingga lebat yang dapat terjadi di Mandailing Natal dan sekitarnya.

Malam hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga lebat di Langkat, Karo, Humbang Hasundutan, Mandailing Natal, Padang Lawas, Samosir, Toba, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, dan Dairi.

Sementara suhu udara rata-rata 18-34 derajat Celcius dan kelembapan udara 60-95 persen dan angin berhembus dari Barat Laut -Timur 10-30 km/jam.

Sementara terkait titik panas atau hotspot hari ini terpantau tujuh titik panas di sejumlah wilayah Sumut yakni satu titik di Labuhanbatu Selatan, satu titik di Labuhanbatu Utara, satu titik di Serdang Bedagai, dua titik di Labuhanbatu, satu titik di Langkat, dan satu titik di Medan.

BACA JUGA:

Mihardi
Penulis