Kesehatan

Suka Ngorok? Ini 5 Alat untuk Mengatasinya!

fin.co.id - 15/03/2024, 15:52 WIB

Mendengkur mengganggu orang yang tidur di sebelahmu. Sumber foto: google

FIN.CO.ID - Bagi kamu yang selalu mendengkur, memakai alat anti ngorok bisa menjadi salah satu solusi untuk menghetikan masalahmu itu. Dilansir dari Netdoctor orang yang selalu mendengkur setiap malam beresiko menderita penyakit jantung dalam jangka panjang.

Berikut ini lima alat untuk menghentikan kebiasaan ngorok. Simak sampai habis ya!

1. Mandibular Advancement Device (MAD)

Orang mendengkur saat tidur karena lidah turun ke belakang tenggorokkan sehingga menciptakan halangan yang membuat jalan napas bergetar.

Dengan MAD, lidah  tidak akan turun. Sebab cara kerja alat ini adalah memegang rahang bawah kamu untuk menarik lidah ke depan dan udara dapat keluar lebih bebas sekaligus  mengurangi getaran jaringan lunak.

Namun, sebelum digunakan kamu harus merendamnya di air panas terlebih dahulu. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan untuk memasangnya di dokter gigi.

BACA JUGA: 

2. Internal nasal dilator strip nasal eksternal

Tahukah kamu bahwa sebagian lubang hidung seseorang cenderung tertutup, saat bernapas melalui hidung. Jika ingin mengetahui apakah kamu termasuk orang yang suka mendengkur cobalah lakukan tes sederhana ini.

Lihatlah ke cermin, kemudian hirup dalam-dalam dengan mulut tertutup. Jika, lubang hidung kamu mengempis, maka kamu memerlukan dilator hidung. Alat yang berbentuk potongan plastik kecil dan kenyal ini menahan lubang hidung sehingga membuat napas menjadi lebih mudah.

Nah jika kamu tidak suka ada benda asing yang masuk ke dalam hidung. Maka strip hidung adalah pilihan yang tepat. Alat ini adalah plester yang menempel di hidung, dan membantu membuka hidung, sehingga tidak akan ngorok saat tidur.

3. CPAP ( Continuous Positive Airway Pressure)

Eko Nugros
Penulis
-->